Senin 27 April 2020, 07:30 WIB

Platform Digital Bantu Bisnis Merek Lokal

GANA BUANA | Ekonomi
Platform Digital Bantu Bisnis Merek Lokal

ist
Managing Director TADA, Antonius Taufan,

 

BEBERAPA perusahaan teknologi milik anak bangsa menggencarkan gerakan kampanye #supportlocalbrandID di tengah pandemi coronavirus diseases 2019 (covid-19).

Gerakan itu mengajak masyarakat yang berada #dirumahaja selama masa pandemi covid-19 untuk mendukung keberlangsungan usaha merek-merek lokal. Perusahaan milik anak bangsa yang berkolaborasi itu yakni, platform retensi konsumen, TADA, superapp terdepan di Asia Tenggara, Gojek, dan penyedia aplikasi sistem kasir digital, Moka, menyediakan akses untuk masyarakat membeli kupon dengan harga spesial melalui aplikasi Gojek dan situs web supportlocalbrandsID. Beragam kupon yang ditawarkan, termasuk makanan dan minuman, produk fesyen, layanan kecantikan, kesehatan pribadi, gaya hidup, dan hotel.

Ketiga perusahaan kolaborator gerakan itu nantinya tidak memungut biaya atas transaksi yang terjadi. Keseluruhan nilai uang yang dibayar konsumen akan diberikan sepenuhnya kepada pelaku usaha yang tergabung dalam gerakan #supportlocalbrandsID. "Ide untuk membentuk gerakan ini datang setelah mendengar keluhan para pemilik usaha lokal di masa pandemi ini. Bersama Gojek dan Moka, kami kerahkan sumber daya kami untuk membantu pemilik usaha guna mempertahankan sumber pendapatan dengan menginisiasi platform supportlocalbrandsID yang menyediakan kupon dari berbagai merek lokal agar dapat diakses masyarakat," tutur Managing Director TADA, Antonius Taufan, selaku inisiator gerakan itu, melalui keterangan resminya, kemarin.

Melalui gerakan ini, lanjut dia, baik konsumen maupun pemilik bisnis, sama-sama memperoleh manfaat. Konsumen dapat membeli kupon lebih awal dari ratusan merek lokal. Kupon ini nantinya bisa digunakan saat layanan tersedia atau bisnis buka kembali. Sementara itu, para pemilik bisnis dapat mempertahankan usahanya dengan adanya pemasukan dari hasil penjualan kupon tersebut.

Head of Third Party Platform Gojek, Sony Radhityo, menyampaikan melalui gerakan #SupportLocalBrandsID, pihaknya mengajak pengguna membeli berbagai kupon lebih awal di gerai-gerai merek lokal favorit mereka.

"Untuk konsumen, bisa mengakses #SupportLocalBrandsID melalui shuffl e card di aplikasi Gojek. Pelanggan cukup memilih shuffl e card itu untuk mendapatkan harga khusus dari merek-merek lokal favorit. Kami berharap akses jutaan pengguna aplikasi Gojek ini membantu mendorong transaksi pengusaha merek lokal dan membantu keberlangsungan usaha mereka selama masa pandemi covid-19 ini," terang Sony.

40 ribu pelaku usaha

Chief Executive Offi cer Moka Haryanto Tanjo menyampaikan Moka telah mengimbau 40.000 pelaku usaha yang menggunakan aplikasi kasir digital Moka untuk berpartisipasi dalam kampanye itu dan mendukung kemudahan penukaran kupon. "Kami harap pelaku usaha dapat semakin terhubung ke masyarakat sehingga mendorong cash flow positve selama masa pandemi."

Eugenie Patricia, pemilik gerai makanan merek lokal Puyo Desserts yang berpartisipasi dalam gerakan tersebut, menyambut positif gerakan itu. "Menyusul kebijakan pemerintah untuk menjaga jaga jarak fi sik, kami menutup gerai kami di sejumlah lokasi di Indonesia untuk memastikan kesehatan karyawan dan konsumen. Namun, hal ini tentu berdampak pada lesunya penjualan dan menimbulkan kekhawatiran karyawan. Karena itu, setiap pembelian sangat berarti bagi kami," tutur Eugenie. (S-3

Baca Juga

Antara

PNS Kemenko Perekonomian Work From Office Mulai 27 Mei

👤Rudy Polycarpus 🕔Selasa 26 Mei 2020, 00:51 WIB
"Pada Kamis besok, 27 Mei, Kemenko Perekonomian berencana akan mengambil inisiatif untuk work from office secara terbatas. Dan,...
Antara/M Risyal Hidayat

Dibuka Besok, IHSG Diprediksi Melemah

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 25 Mei 2020, 18:08 WIB
Analis menilai pergerakan IHSG berpotensi rebound pada akhir pekan. Namun, sentimen dari pasar keuangan global patut...
MI/Vicky Gustiawan

Produksi Pertanian dan Sayuran Meningkat, Ekspor Tumbuh Positif

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Mei 2020, 17:28 WIB
Pihaknya, berharap momen pandemi ini menjadi momentum untuk makin cinta produk petani...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya