Senin 27 April 2020, 07:20 WIB

Pangandaran Laporkan Kasus Pertama Covid-19

Kristiadi | Nusantara
Pangandaran Laporkan Kasus Pertama Covid-19

Medcom
Ilustrasi--pasien covid-19

 

PEMERINTAH Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, melalui Krisis Centre, menemukan pasien positif covid-19 pertama. Pasien perempuan berusia 67 tahun itu kini dirawat di ruang isolasi khusus.

Jubir Krisis Center yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yani Achmad Marzuki mengatakan pasien itu merupakan warga Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Dia, saat ini, menjalani perawatan di ruang isolasi di RSUD Kota Banjar.

"Kita konfirmasi seorang pasien positif covid-19 telah mendapatkan perawatan di ruang isolasi. Ini merupakan kasus pertama di Pangandaran. Pemerintah meminta masyarakat tetap selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan jangan berkerumun," katanya, Senin (27/4).

Baca juga: Pasien Covid-19 di Klaten Bertambah 4 Orang

Yani mengatakan, awalnya, pasien tersebut tidak masuk dalam daftar orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP). Namun, pasien tersebut telah didiagnosa mengalami stroke dan hipertensi. Setelah dilakukan test swab, hasilnya pasien positif terpapar virus korona.

"Pasien tidak memiliki riwayat berpergian keluar Pangandaran. Namun, selama satu bulan lalu, pasien mengunjungi saudaranya yang sakit di Padaherang, Kabupaten Pangandaran hingga bertemu saudaranya yang sakit dan telah meninggal seminggu lalu," ujarnya.

Menurutnya, setelah berkunjung ke rumah saudaranya yang sakit, pasien menderita sakit dan sebelum dirujuk ke RSUD Kota Banjar itu sempat dirawat di Puskesmas Selasari, Parigi.

"Kami akan segera melakukan penelusuran terhadap warga yang kontak dengan pasien positif Covid-19 itu. Besok, keluarga pasien akan kita data dan juga akan kita tracing yang berada di Puskesmas Selasari hingga Puskesmas Padaherang untuk memastikan apakah mereka positif dan tidaknya," paparnya. (OL-1)

Baca Juga

DOK MI

Nakhoda dan 15 ABK KM Inkamini Ditemukan Selamat

👤M Taufan SP Bustan 🕔Kamis 04 Juni 2020, 03:10 WIB
KM Inkamini tenggelam pada Selasa, 2 Juni 2020 sekitar pukul 13.30 WITA. Sebelum kapal tenggelam, seluruh ABK menyelamatkan diri dengan...
ANTARA

Penyaluran Bansos di Jabar Ditarget Selesa1 8 Juni

👤Bayu Anggoro 🕔Kamis 04 Juni 2020, 02:55 WIB
Memang ada keterlambatan dalam penyaluran bantuan tersebut karena terkendala pendataan yang belum...
DOK MI

Tingkat Kesembuhan Covid di DIY Capai 72 Persen

👤Ardi Teristi 🕔Kamis 04 Juni 2020, 02:40 WIB
"Dengan rapid test massal, kita bisa memberikan data yang tepat. Data yang  kita miliki (jumlah pasien potitif Covid-19 yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya