Senin 27 April 2020, 07:05 WIB

Diisukan Meninggal, Kim Jong Un Kirimkan Pesan

Fajar Nugraha | Internasional
Diisukan Meninggal, Kim Jong Un Kirimkan Pesan

AFP/STR / Vietnam News Agency
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

 

SPEKULASI mengenai kesehatan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un masih merebak. Namun, tiba-tiba muncul pesan yang dikabarkan berasal dari Kim.

Sejak laporan dari sebuah media Korea Selatan (Korsel) pekan lalu, muncul kabar Kim dalam kondisi sakit keras usai operasi jantung. Pemimpin muda Korut itu juga tidak tampil ke publik, khususnya pada saat acara memperingati pendiri Korut yang juga kakeknya, Kim Il-sung.

“Namun, media pemerintah Korut menyampaikan komentar dari pemimpin tersebut pada Minggu (26/4) dengan ia menyatakan penghargaannya kepada para pekerja yang telah membangun rumah di Kota Samjiyon utara,” laporan Kantor Berita Korsel Yonhap, yang dikutip 9 News, Senin (27/4).

Baca juga: Kereta Kim Jong-un Terlihat di Resor Wonsan

Menurut kantor berita Yonhap, laporan Korut itu tidak mengungkapkan lokasi Kim atau memasukkan gambar apa pun. Tidak ada informasi yang diverifikasi dari Korut.

Sebelumnya, berdasarkan citra satelit yang ditunjukkan organisasi 38 North menunjukkan kereta sepanjang 250 meter yang diparkir di Stasiun Kereta Api Kim di Wonsan sejak setidaknya, 21 April.

Kereta itu tidak keliatan pada 15 April, tetapi muncul pada 21 dan 23 April, 38 North melaporkan, menambahkan bahwa stasiun kereta api ‘disediakan untuk digunakan oleh keluarga Kim”.

Penyiar CNN melaporkan, awal pekan ini, bahwa Amerika Serikat (AS) sedang menyelidiki intelijen bahwa Kim berada dalam ‘bahaya besar’ setelah operasi. Namun, hal itu kemudian dibantah Presiden AS Donald Trump.

Para pejabat Korea Selatan di Seoul juga membantah laporan itu, dengan mengatakan tidak ada tanda-tanda tidak biasa dari Korut dan Kim diperkirakan akan tinggal di Wonsan karena alasan yang tidak ditentukan, lapor kantor berita Yonhap, Minggu (26/4). (OL-1)

Baca Juga

AFP/Kirill Kudryavtsev

Kasus Covid-19 Turun, Moskow Longgarkan Lockdown

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:57 WIB
Setelah sembilan pekan di rumah, warga Moskow dapat kembali beraktivitas di luar. Namun, pemerintah setempat tetap memberlakukan sejumlah...
AFP

Dahsyat! Kasus Covid-19 di Iran Lampaui Angka 150.000

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:48 WIB
Juru bicara Kementerian Kianoush Jahanpour mengatakan 2.516 kasus baru dikonfirmasi di seluruh negeri dalam 24 jam terakhir, sehingga total...
AFP/Kazuhiro Nogi

Jepang Pertimbangkan Izin Masuk Bagi Warga Asing

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:11 WIB
Rencananya, warga asing yang diperbolehkan masuk berasal dari negara dengan kasus covid-19 rendah, yakni Thailand, Vietnam, Australia dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya