Senin 27 April 2020, 06:45 WIB

Jabatan Dirjen GTK dan Dirjen Vokasi akan Terisi

(Bay/H-1) | Humaniora
Jabatan Dirjen GTK dan Dirjen Vokasi akan Terisi

Medcom.id/Ilham Pratama
Salah satu kandidat sebagai calon Dirjen GTK Kemendikbud, yakni Gogot Suharwoto,

 

DUA posisi strategis eselon I di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tidak lama lagi akan terisi setelah dalam beberapa bulan dijabat penjabat Pelaksana Tugas (Plt). Sejumlah calon yang telah mengikuti seleksi, kini dalam proses penilaian Tim Penilai Akhir (TPA).

Dua posisi strategis tersebut, sesuai surat pengumuman No.39192/A.A3/KP/2020 tertanggal 6 April 2020 tentang Hasil Akhir Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya, yakni Dirjen Pendidikan Vokasi serta Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud. Ketua Panitia Seleksi Ainun Naim telah menetapkan tiga peserta terbaik yang lolos sebagai calon Dirjen GTK Kemendikbud, yakni Gogot Suharwoto, Iwan Syahril, dan Nunuk Suryani. Tiga peserta terbaik lainnya yang lolos sebagai calon Dirjen Vokasi, yakni Paristiyanti Nurwardani, Wartanto, dan Wikan Sakarinto.

Khusus untuk calon Dirjen GTK, dua calon merupakan pejabat karier, dan Iwan Syahril nonpejabat karier yang saat ini menjadi staf ahli Mendikbud, Nadiem Makarim. Pengamat pendidikan Doni Koesuma menjawab Media Indonesia, kemarin, mengaku mengenal nama, yakni Gogot Suharwoto yang pernah menjabat Kepala Pustekkom Kemendikbud, dan Iwan Syahril. Dia hanya mengingatkan tantangan utama Dirjen GTK ke depan di antaranya pemanfaatan anggaran untuk transformasi pendidikan secara efektif, efi sien, dan akuntabel.

Adapun Gogot Suharwoto yang pekan lalu dilantik menjadi Ahli Utama di Kemendikbud menepis anggapan seakan dirinya mundur dari proses seleksi Dirjen GTK. "Ada pendapat itu setelah saya dilantik jadi Ahli Utama. Padahal tidak demikian," tegas doktor jebolan Oregon State University, AS, itu.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah berharap seleksi berjalan objektif. "Jika sudah terpilih, Kemendikbud bisa langsung berlari kencang menerapkan programprogramnya. Dirjen GTK dan Dirjen Vokasi merupakan dua direktorat yang sangat strategis dalam mengeksekusi program-program prioritas pembangunan SDM unggul," ujarnya. (Bay/H-1)

Baca Juga

Antara

Presiden: Segera Adaptasi Sistem Pendidikan Baru

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 04 Juni 2020, 14:49 WIB
Presiden Joko Widodo meyakini bahwa sistem pendidikan di masa mendatang akan berubah signifikan karena keberadaan...
Antara/Mohamad Hamzah

Orang Tua Minta Keringanan SPP, Kemendikbud Tidak Bisa Intervensi

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 04 Juni 2020, 14:42 WIB
Kemendikbud menyebut pengaturan besaran SPP untuk jenjang SD hingga SMA diatur oleh pemerintah daerah dan...
DOK KEMENDIKBUD

Sesjen Lantik Pejabat Tinggi, Rektor dan Pejabat Fungsional

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 04 Juni 2020, 14:13 WIB
Sesjen meminta untuk segera melakukan koordinasi internal dan penyesuaian tugas dalam rangka menyongsong kondisi kebiasaan baru (new...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya