Senin 27 April 2020, 08:40 WIB

Pemerintah Hadir di Depan Pintu Rumah

Nurul Hidayah | Nusantara
Pemerintah Hadir di Depan Pintu Rumah

ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko
Relawan mendistribusikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak kebijakan isolasi wilayah di Desa Jabalsari, Tulungagung, Jawa Timur

 

RATUSAN kurir PT Pos Indonesia sudah bergerak di Jawa Barat. Mereka membawa paket sembako senilai Rp350 ribu dan uang tunai Rp150 ribu untuk warga miskin baru yang terdampak covid-19 dari pemerintah provinsi.

“Di Kota Cirebon, penerima bantuan mencapai 874 keluarga rumah tangga sasaran. Jumlahnya jauh lebih kecil dari usulan yang ka mi ajukan untuk 5.491 rumah tangga,” tutur Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Iing Daiman, kemarin.

Kota Cirebon, lanjutnya, juga sudah mengusulkan bantuan program warga miskin baru untuk sebanyak 35.365 rumah tangga. “Sesuai pernyataan gubernur, usul an tahap II ini tidak ada kuota sehingga kami berharap jumlah yang kami usulkan bisa terealisasi seluruhnya.”

Di Jawa Tengah, sejumlah bantuan sosial juga sudah mulai mengalir. “Bantuan sembako melalui desa dan RT mulai diberikan kepada warga di sini. Bantuan dibagikan merata, semua rumah tangga dapat,” ujar Dewi, warga Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Namun, Ashar, warga Genuk, Kota Semarang, mengaku belum ada uang tunai yang diterima warga. “Bantuan sembako sudah dibagikan untuk semua warga, tapi uang belum.”

Bantuan sembako juga sudah diterima warga di Blora, Grobogan, Pati, Kudus, Rembang, Jepara, Demak, Kendal, Batang, dan Pekalongan. “Kami sudah menyiapkan program jaring pengaman sosial, baik berupa sembako maupun uang tunai,” aku Kepala Dinas Sosial Blora Indah Purwaningsih.

Sementara itu, Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, me nyalurkan makanan dan benih untuk pemulung, penyandang disabilitas, anak yatim, dan rumah ibadah. “Sebanyak 23 ribu warga juga akan menerima bantuan sembako senilai Rp300 ribu,” ungkap Wali Kota Jefri Riwu.

Aksi pembagian sembako juga dilakukan Pemkot Bengkulu untuk 40 ribu kepala keluarga. Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan menyerahkan dan mengantarkan langsung kepada warga di tiga kecamatan. Kemarin, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan juga menyerahkan sembako untuk wartawan. (UL/AS/PO/MY/RF/YH/N-2)

Baca Juga

MI/Agus Utantoro

Ibadah Haji Dibatalkan, Sultan Minta Masyarakat Jogja Maklum

👤Ardi Teristi 🕔Selasa 02 Juni 2020, 18:35 WIB
Pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan jamaah haji ibadah haji 1441H/2020M. Gubernur DIY, Sri Sultan HB X meminta masyarakat di DIY...
MI/Depi Gunawan

New Normal: Pariwisata di Jawa Barat Belum Siap Dibuka untuk Umum

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 02 Juni 2020, 18:00 WIB
PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat belum membuka operasional tempat wisata, meski ada 15 kabupaten/kota yang bisa menerapkan new...
MI/Hijrah Ibrahim

Mahalnya Biaya Rapid Test Diprotes Sopir Lintas Halmahera

👤Hijrah Ibrahim 🕔Selasa 02 Juni 2020, 17:50 WIB
ASOSIASI Sopir Lintas Halmahera (ASLIH) Maluku Utara, memprotes biaya rapid tes sebesar Rp600 ribu-Rp800 ribu untuk sopir dan kernet....

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya