Jumat 24 April 2020, 20:44 WIB

Penerbangan Internasional Tetap Berlangsung

Hilda Julaika | Ekonomi
Penerbangan Internasional Tetap Berlangsung

MI/Ramdani
Pesawat parkir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4)

 

Operasional penerbangan internasional saat ini masih berjalan normal di bandara-bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) seperti di bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, dan Bandara Kualanamu, Medan.

Penerbangan internasional masih berlangsung lantaran tidak diatur di dalam Peraturan Menteri Perhubungan No 25 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

VP Corporate Communications PT Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan perseroan telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan mengenai diizinkannya penerbangan internasional untuk beroperasi.

“Kami sudah berkoordinasi dengan regulator penerbangan sipil dalam hal ini Kemenhub, dan memang dinyatakan Permenhub No. 25/2020 hanya mengatur larangan untuk penerbangan domestik, sehingga penerbangan internasional masih tetap dapat dioperasikan,” ujar Yado melalui keterangan resminya, Jumat (24/4).

Lebih lanjut dia menjelaskan, bandara PT Angkasa Pura II yang saat ini masih melayani penerbangan internasional berjadwal adalah Soekarno-Hatta (Tangerang) dengan rata-rata penerbangan pada bulan ini sekitar 40 penerbangan/hari. Penerbangan internasional juga masih dilayani di Kualanamu (Deli Serdang) dengan rata-rata penerbangan hanya 1-2 penerbangan/hari pada bulan ini.

Sejalan dengan itu, Dirjen Penerbangan Udara Kemenhub Novie Riyanto menegaskan penerbangan internasional dari dan menuju Indonesia tetap berjalan normal dengan mengacu pada protokol kesehatan covid-19.

Dengan ketentuan ini, masyarakat yang hendak keluar-masuk Indonesia masih bisa dilayani oleh penerbangan internasional dengan operator bandara milik AP II seperti, Soekarno-Hatta dan Kualanamu.

Sebelumnya merujuk pada Permenhub No. 25/2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tidak disebutkan ketentuan mengenai penerbangan internasional.

Ketentuan itu hanya dicantumkan pada Pasal 19 Permenhub 25/2020 tentang larangan sementara penggunaan transportasi udara. Larangan yang dimaksud kepada setiap warga negara yang melakukan perjalanan di dalam negeri melalui bandar udara dari dan ke wilayah yang ditetapkan sebagai PSBB dan/atau zona merah penyebaran covid-19 baik menggunakan transportasi umum mamupun trasportasi pribadi. (E-3)

Baca Juga

Dok pribadi

Airlangga Beberkan Keberhasilan Relaksasi KUR UMKM selama Pandemi

👤RO/Micom 🕔Jumat 03 Juli 2020, 20:22 WIB
14 penyalur KUR fasilitas bantuan yang diberikan oleh pemerintah telah dimanfaatkan cukup signifikan oleh...
Ist

Water Heater Kangaroo Hadir untuk Alternatif Kebutuhan Air Hangat

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Juli 2020, 19:55 WIB
Dengan hadirnya water heater dari Kangaroo diharapkan dapat berkontribusi untuk pemenuhan kebutuhan standar masyarakat...
Ilustrasi/Medcom

Financial Planner : Saat Covid-19 Harus Bijak Rencana Pembiayaan

👤Deri Dahuri 🕔Jumat 03 Juli 2020, 19:36 WIB
Financial planner dari ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie menasihati keluarga muda harus mulai bisa mengesampingkan pengeluaran yang tidak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya