Jumat 24 April 2020, 19:40 WIB

Larangan Mudik, Refund Tiket Pesawat Senilai 100% Harga Tiket

Hilda Julaika | Humaniora
Larangan Mudik, Refund Tiket Pesawat Senilai 100% Harga Tiket

MI/Rommy Pujianto
Refund tiket pesawat

 

PARA penumpang pesawat yang tidak bisa berangkat karena aturan larangan mudik per 24 April-31 Mei 2020 akan mendapatkan hal pengembalian tiket (refund).

Menurut Dirjen Perhubungan Udara (Hubud), Novie Riyanto, adapun refund tiket ini berlaku bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan namun dibatalkan oleh maskapai lantaran daerah keberangkatan dan atau tujuan merupakan wilayah zona merah covid-19 atau menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Badan Usaha Angkutan Udara wajib melayani penumpang yang akan refund tiket dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Novie, Jumat (24/4).

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan ketentuan refund tiket yang harus dilakukan oleh maskapai. Di antaranya, dalam bentuk penjadwalan ulang (reschedule) tanpa dikenakan biaya, pengubahan tujuan (reroute) bagi calon penumpang yang telah memiliki tiket tanpa dikenakan biaya, serta memberikan voucher tiket sebesar nilai tiket yang dibeli (100%) oleh penumpang.

“Voucher tiket bisa digunakan untuk membeli tiket kembali dengan masa berlaku tiket sekurang-kurangnya 1 tahun, serta dapat diperpanjang sebanyak 1 kali,” tegas Novie.

Pihaknya pun menekankan pelarangan membawa angkutan penumpang pesawat ini berlaku untuk wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau daerah yang termasuk zona merah penyebaran Covid 19, dan akan mulai berlaku pada tanggal 24 April 2020 s/d tanggal 31 Mei 2020. (OL-2)

 

Baca Juga

MI

Kalbe Farma Rilis Prove D3 Drops, Vitamin D dalam Bentuk Tetes

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 09 Juli 2020, 16:30 WIB
Prove D3 bisa digunakan untuk anak dan dewasa termasuk usia...
MI/Lina Herlina

Unhas Bebaskan Uang Kuliah Bagi Mahasiswa Miskin

👤Lina Herlina 🕔Kamis 09 Juli 2020, 16:20 WIB
UNIVERSITAS Hasanuddin mengambil kebijakan membebaskan Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk mahasiswa tidak...
MI/Idep

Di Sukabumi, Mensos Harap BST Gerakkan Ekonomi Masyarakat

👤 Ihfa Firdausya 🕔Kamis 09 Juli 2020, 16:06 WIB
Usai penyaluran tahap III ini, kata Mensos, bantuan dari pemerintah disalurkan per bulan dengan nilai Rp300 ribu hingga Desember...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya