Kamis 23 April 2020, 09:54 WIB

Budidaya Cabai di Bawah Kelapa Terobosan Petani Muda Sangihe

Voucke Lontaan | Nusantara
Budidaya Cabai di Bawah Kelapa Terobosan Petani Muda Sangihe

MI/Voucke Lontaan
Budidaya tanaman cabai di lahan perkebunan kelapa Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara.

 

COSTERMAN Yermias, petani muda asal Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara berhasil membudidayakan 2.000 tanaman cabai di bawah pohon kelapa. Tanaman cabai ini mampu menghasilkan 1,2 ton dalam musim tanam, dan beromzet Rp72 juta. Terobosan Costerman, anggota kelompok tani Berkat di Kelurahan Angges, Kecamatan Tahuna Barat berhasil memotivasi petani setempat. Saat ini petani yang menanam cabai di Poktan Tani Berkat bertambah menjadi delapan orang.

Sukses Costerman tak terlepas dari andil Ellen, penyuluh pertanian BPP Tahuna Barat sebagai KostraTani, yang aktif terjun ke lapangan mendampingi petani binaannya. Kendati begitu, inisiatif Bupati Jabes Esar Gaghana yang menjadi pangkal keberhasilan setelah menggerakkan warganya untuk wajib menanam melalui program padat karya dari memanfaatkan dana desa. Tujuannya, menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Kepulauan Sangihe dan menjaga stabilitas ekonomi daerah melalui Instruksi Bupati No 521/26/1120 tentang Padat Karya Pertanian.

Inisiasi Bupati Jabes EG sejalan dengan kebijakan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menggerakkan potensi desa dan masyarakat perdesaan bertani mendukung ketersediaan pangan. Tentunya, tanpa mengabaikan protokol covid-19. 

baca juga: Polres Kota Palu Amankan Sabu 1 Kg Lebih

"Jaga jarak. Jangan berkerumun. Kenakan masker. Rajin cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir," kata dia, Kamis (23/4).

Sementara Kepala BPPSDMP Prof Dedi Nursyamsi mengaku senang karena penyuluh setia mendampingi petani.

"Lahan pertanian umumnya berada di zona aman atau zona hijau. Limpahan sinar matahari di lahan pertanian akan membuat virus mat," kata bupati. (OL-3)

Baca Juga

Antara

Per Hari, Rerata 125 Orang Positif Korona di Sumut

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 10 Juli 2020, 22:49 WIB
Lonjakan kasus positif dalam tiga hari terakhir sangat tidak sebanding dengan jumlah pasien sembuh yang hanya rata-rata 11 orang setiap...
MI/Gabriel Langga

Biaya Rapid Test di Manggarai Barat Mahal

👤John Lewar 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:30 WIB
Para pelajar dan masyarakat umum di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT) mengeluhkan mahalnya biaya rapid test yang...
MI/Dwi Apriani

Ratusan Nelayan Muba Diverifikasi Kemen ESDM Konversi BBM ke BBG

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 10 Juli 2020, 20:15 WIB
Verifikasi itu bagian dari program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya