Rabu 22 April 2020, 07:51 WIB

Jamsostek Sediakan Layanan Daring Untuk Urus JHT

Antara | Nusantara
Jamsostek Sediakan Layanan Daring Untuk Urus JHT

MI/ BARY FATHAHILAH
Ilustrasi para peserta Jamsostek menunjukkan kartu jamsostek untuk mengurus jaminan hari tua

 

LAYANAN Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) memungkinkan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) secara online atau daring.

"Caranya mudah, bisa diurus sendiri," kata Deputi Direktur BPJamsostek Wilayah Kalimantan Panji Wibisana, Rabu (22/4).
  
Lapak Asik diadakan BP Jamsostek agar peserta tidak perlu ke mana-mana selama masa wabah covid-19, walaupun itu untuk mengurus JHT. Sebelumnya pengurusan JHT yang mengharuskan peserta hadir dan membawa dokumen asli ke Kantor Cabang BP Jamsostek.
  
"Prosedur yang dibutuhkan melalui mekanisme Lapak Asik sudah sangat memudahkan peserta. Data dan dana peserta juga aman," kata Panji.
  
Menurut Deputi Direktur tersebut, dimulai dari pendaftaran hingga proses transfer dana JHT ke rekening bank milik peserta, protokol Lapak Asik ini sudah didesain agar peserta tidak perlu datang ke kantor cabang BP Jamsostek JAMSOSTEK untuk melakukan klaim JHT. Peserta cukup melengkapi diri dengan aplikasi whatsapp di telepon cerdas dan koneksi intermet yang cukup untuk panggilan video.

Sebelumnya, peserta harus memastikan telah memindai dokumen yang dibutuhkan dan mengirimnya melalui email, juga memastikan nomor telepon yang digunakan bisa menerima panggilan video.
  
"Panggilan video untuk verifikasi dari petugas kami," jelas Panji.
  
Panji juga menerangkan bahwa Lapak Asik diadakan agar praktik percaloan yang dekat dengan penipuan dan bisa merugikan peserta dan keluarga. Prosedur yang mudah di Lapak Asik agar jangan sampai peserta terbujuk kemudahan yang ditawarkan calo yang mengaku bisa membantu menguruskan JHT, yang justru malah bisa merugikan peserta sendiri.
  
"Praktik calo ini marak karena pengguna jasanya juga banyak. Kami imbau kepada masyarakat pekerja agar dapat dengan bijak untuk tidak menggunakan jasa calo. Kami tekankan bahwa proses klaim JHT ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Jika memang harus mencairkan dana JHT mereka, lakukanlah melalui kanal resmi dan sebelumnya pelajari prosedurnya," papar Panji.
  
Untuk mengetahui langkah-langkah pengajuan klaim, peserta dapat mengikuti petunjuk yang dapat dilihat melalui kanal youtube bit.ly/LAPAKASIK. Juga seandainya peserta masih memerlukan tambahan informasi, baik tentang Lapak Asik ataupun hal-hal lain tentang BP Jamsostek dapat menghubungi nomor telepon 175 untuk Layanan Masyarakat.

baca juga: Ratusan Orang di Jateng Kesulitan Restrukturisasi Kredit
  
"Jangan sampai dana JHT yang sudah ditabung selama bekerja malah dimanfaatkan pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan sendiri," tegas Panji. (OL-3)


 

Baca Juga

Antara

Pesantren Kiblat Solusi Pendidikan Nasional Masa Covid-19

👤Bagus Suryo 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:48 WIB
"Pesantren bisa menjadi solusi dan memberikan jalan keluar di tengah keterbatasan yang dimiliki," tegas Panglima Santri Muhaimin...
Ilustrasi

Gubernur Sumut Minta Usut Preman yang Serang Satgas Covid-19

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:36 WIB
Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi minta kepolisian untuk menindak para preman yang menyerang Satgas Covid-19 Mebidang saat menggelar...
ANTARA/Zabur Karuru.

Ada Pasar Burung dan Batu Akik di Bekas Lokalisasi Dolly

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 23:20 WIB
Sentra Pasar Burung dan Batu Akik luas 840 meter persegi yang diresmikan pada Rabu (21/10) merupakan usulan dari warga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya