Selasa 21 April 2020, 17:20 WIB

Selama PSBB, Pembatasan Transportasi Diklaim Berjalan Efektif

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Selama PSBB, Pembatasan Transportasi Diklaim Berjalan Efektif

MI/SUSANTO
Keadaan di dalam KRL yang sepi sejak PSBB diberlakukan

 

Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di bidang transportasi diklaim berjalan efektif. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan hal tersebut dapat dilihat dari drastisnya jumlah penurunan penumpang angkutan umum.

"Perlu dipahami bahwa untuk kebijakan sektor transportasi itu secara keseluruhan berjalan dengan baik. Ini bisa dilihat dari jumlah penumpang apakah itu di TransJakarta, MRT, LRT, bahkan KRL yang turun signifikan selama penetapan PSBB," kata Syafrin saat dihubungi, Selasa (21/4).

Jumlah penumpang di TransJakarta hari ini rata-rata hanya 20% dari jumlah rata-rata penumpang di waktu normal. Sementara MRT dan LRT jumlah penumpang rata-ratanya selama PSBB hanya berkisar 5% dari jumlah rata-rata penumpang di waktu normal.

Baca juga: Gerindra Larang Anies Soal Sekolah Jadi Tempat Isolasi Korona

Pembatasan dilakukan dengan mengurangi jumlah rute pada TransJakarta. Sementara itu, pembatasan kapasitas maksimal penumpang menjadi 50% diterapkan di seluruh moda angkutan umum.

Untuk angkutan pribadi, Syafrin mengakui masih banyak kendaraan pribadi di jalan karena ada beberapa sektor usaha yang dikecualikan berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) No. 33 tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB Untuk Pecegahan Penularan Virus Covid-19 di Jakarta.

"Karena masih ada yang beroperasi sesuai Pergub 33/2020 itu," ungkapnya.

Selain itu, ada pula perusahaan yang mendapat izin khusus untuk tetap berkegiatan usaha sesuai Surat Edaran Menteri Perindustrian No. 7 tahun 2020. (OL-14)

 

Baca Juga

Ilustrasi

Tak Temukan Barang Bukti, Polisi Rehab Musisi Reggae

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 09 Juli 2020, 15:06 WIB
Musisi raggae bernama Jali Gimbal alias AS, 43, diamankan di sekitaran Taman Ismail Marzuki pada pukul 22.00 WIB setelah terbukti...
MI/ BARY FATHAHILAH

Luar Biasa Jujur, Petugas KRL Serahkan Temuan Rp500 Juta

👤Henri Siagian 🕔Kamis 09 Juli 2020, 14:59 WIB
Dia mengaku tak kaget ketika menemukan uang Rp500 juta, karena menurutnya uang tersebut merupakan hak orang lain yang harus...
MI/Pius Erlangga

Sudah Dibuka, Vihara di Tambora Disemprot Disinfektan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 09 Juli 2020, 14:58 WIB
Vihara itu sudah membuka aktivitas ibadah bersama mulai Senin (6/7) lalu dan sebelumnya sudah dilakukan penyemprotan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya