Selasa 21 April 2020, 13:49 WIB

Pelarangan Mudik Berlaku Efektif 24 April

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Pelarangan Mudik Berlaku Efektif 24 April

ANTARA/ARNAS PADDA
Pengendara menunjukkan imbauan pada operasi Keselamatan 2020 di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (13/4).

 

KEBIJAKAN pelarangan mudik mulai berlaku efektif pada 24 April 2020.

Restriksi tersebut utamanya dikhususkan untuk warga yang berada di zona merah covid-19 seperti Jabodetabek dan daerah-daerah lain yang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Larangan mudik ini berlaku efektif terhitung sejak Jumat 24 April 2020. Dengan adanya larangan ini, tidak dibolehkan lalu lintas orang untuk keluar dan masuk dari dan menuju Jabodetabek dan daerah zona merah lain," tegas Menteri Perhubungan Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan usai mengikuti rapat terbatas, Selasa (21/4).

Pemerintah pun memastikan akan ada sanksi bagi masyarakat yang tidak mengindahkan larangan tersebut. Pemberlakuan sanksi akan mulai diterapkan pada 7 Mei.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmi Larang Mudik

Untuk mendukung kebijakan tegas tersebut, pemerintah akan menyiapkan strategi bertahap, bertingkat dan berlanjut sehingga pelarangan mudik tidak akan ujug-ujug dilaksanakan secara instan.

Pertama-tama, pemerintah tentu akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Kemudian diikuti persiapan logistik dan militer.

"Kami bersama dengan seluruh jajaran Kementerian Perhubungan, Polri, TNI dan jementerian/lembaga terkait lain akan segera melakukan langkah-langkah teknis operasional di lapangan," lanjutnya.

Pemerintah juga telah mulai menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu di kawasan ibu kota dan sekitarnya. Pemberian stimulus tersebut dimaksudkan untuk mencegah warga kembali ke kampung halaman. (A-2) 

 

Baca Juga

Dok pribadi

Airlangga Beberkan Keberhasilan Relaksasi KUR UMKM selama Pandemi

👤RO/Micom 🕔Jumat 03 Juli 2020, 20:22 WIB
14 penyalur KUR fasilitas bantuan yang diberikan oleh pemerintah telah dimanfaatkan cukup signifikan oleh...
Ist

Water Heater Kangaroo Hadir untuk Alternatif Kebutuhan Air Hangat

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Juli 2020, 19:55 WIB
Dengan hadirnya water heater dari Kangaroo diharapkan dapat berkontribusi untuk pemenuhan kebutuhan standar masyarakat...
Ilustrasi/Medcom

Financial Planner : Saat Covid-19 Harus Bijak Rencana Pembiayaan

👤Deri Dahuri 🕔Jumat 03 Juli 2020, 19:36 WIB
Financial planner dari ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie menasihati keluarga muda harus mulai bisa mengesampingkan pengeluaran yang tidak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya