Selasa 21 April 2020, 08:37 WIB

Pasien Positif Covid-19 di Klaten 9 Orang, 6 Peserta Ijtima Gowa

Djoko Sardjono | Nusantara
 Pasien Positif Covid-19 di Klaten 9 Orang, 6 Peserta Ijtima Gowa

ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Petugas kesehatan melakukan rapid test kepada seorang anggota Jamaah Tabligh di Mojotengah, Kedu, Temanggung, Jateng, Senin (20/4/2020).

 

PASIEN terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Senin (201/4), bertambah lagi 2  orang, 1 di antaranya termasuk klaster jamaah tablig di Gowa, Sulawesi Selatan. Dengan tambahan dua kasus positif tersebut, maka jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten saat ini total 9 orang, 2 orang di antaranya dinyatakan sembuh.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Gugus Percepatan Penanganan pencegahan Covid-19 Kabupaten Klaten, Cahyono Widodo, di Posko Satgas Gugus Pemkab Klaten, Senin (20/4). Menurut Cahyono, dari akumulasi 9 orang pasien terkonfirmasi positif terpapar Covid-19, sebanyak 7 orang dirawat di rumah sakit dan 2 orang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

"Tambahan 2 pasien positif Covid-19 di Kabupaten Klaten, Senin (20/4), 1 orang di antaranya termasuk kelompok jamaah tablig di Gowa, Sulawesi Selatan, beberapa waktu yang lalu," jelasnya.

Sebelumnya, sebanyak 5 orang warga Kecamatan Juwiring dan Kecamatan Wonosari, Klaten, juga terkonfirmasi positif Covid-19. Kelima orang itu merupakan klaster jamaah tablig di Gowa. Dengan demikian, hingga saat ini dari akumulasi 9 orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten, sebanyak 6 orang di antaranya peserta ijtima ulama tersebut.

Dijelaskan, 2 orang pasien positif tersebut, yaitu MA, warga Kecamatan Karanganom, saat ini menjalani perawatan di RSI Klaten, dan HS, warga Juwiring, dirawat di RSUP Soeradji Tirtonegoro.

Kasus pasien positif Covid-19, HS, adalah termasuk kategori impor. Karena, pasien itu tertular korona virus ketika melakukan perjalanan ke Gowa, Sulawesi Selatan, 18-23 Maret lalu.

"Saat ini, Satgas melakukan pelacakan orang-orang yang pernah kontak dengan kedua pasien positif terpapar virus korona itu. Mereka akan segera dilakukan rapid tes," ujar Cahyono.

baca juga: Gugus Tugas Covid-19 Kembali Salurkan Sembako Untuk Keluarga ODP

Tim Satgas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Klaten meminta Satgas Gugus RT/RW untuk memperketat pantauan warga yang baru pulang dari luar wilayah Klaten.

"Selain itu, warga yang baru datang dari luar wilayah diminta isolasi diri selama 14 hari di rumah masing-masing. Apabila ada  gejala sakit segera periksa di puskesmas terdekat," pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

Ilustrasi

Kasus Denny Siregar Dilimpahkan ke Polda Jabar

👤Adi Kristiadi 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:32 WIB
Polresta Tasikmalaya telah melimpahkan penanganan kasus dugaan tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik yang dilakukan, oleh...
MI/Supardji Rasban

Kekeringan Petani Cabai Brebes Merugi

👤Sipardji Rasban 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:27 WIB
"Sekarang sekali panen cuma dapatnya dalam hitungan kilogram. Ya,paling banyak 10 kilogram sekali panen," ujar Kholidin yang...
MI/ BARY FATHAHILAH

Pedagang Pernak-pernik Kemerdekaan Terdampak Covid-19

👤M Taufan SP Bustan 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:20 WIB
Pedagang pernak-pernik untuk perayaan HUT ke-75 Republik Indonesia yang mulai menjamur di jalanan Palu, Sulawesi Tengah, mengaku sepi...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya