Minggu 19 April 2020, 18:25 WIB

JK: Obat Covid-19 Bisa Diproduksi 1-2 Bulan Mendatang

Emir Chairullah | Humaniora
JK: Obat Covid-19 Bisa Diproduksi 1-2 Bulan Mendatang

MI/Andri Widiyanto
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla berbincang dengan jajaranĀ IFRC Perwakilan ASEAN.

 

PALANG Merah Indonesia (PMI) diketahui sedang mengembangkan produksi obat antibodi untuk pasien positif virus korona (covid-19). Obat itu diperkirakan mulai diproduksi Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dalam dua bulan mendatang.

“PMI mendukung Eijkman untuk memproduksi obat antibodi bagi pasien korona,” ujar Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, melalui pesan singkat, Minggu (19/4).

Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 menjelaskan obat antibodi tersebut bakal dikembangkan dari plasma pasien covid-19 yang berhasil sembuh. Dalam hal ini, PMI akan membantu penyiapan proses plasma lantaran sudah memiliki fasilitas pemisahan plasma darah.

Baca juga: Kasus Covid-19, Pasien Sembuh Bertambah Jadi 686 Orang

“Karena PMI punya laboratorium untuk lakukan itu,” ungkap JK, sapaan akrabnya.

Upaya Indonesia untuk membuat obat antibodi secara mandiri sekaligus menujukkan kepada negara lain, bahwa Indonesia masih sanggup menangani situasi pandemi. Apalagi PMI merupakan satu-satunya lembaga yang mempunyai pengolahan plasma darah tersebar di 15 daerah.

Jk memastikan Indonesia mampu melakukan pengobatan yang baik, sehingga tidak selalu bergantung pada negara luar. Seperti diketahui, metode plasma sudah mulai diujicobakan di Amerika Serikat (AS) untuk pasien covid-19. Selain itu, Iran juga mengklaim berhasil menyembuhkan banyak pasien dengan menggunakan plasma darah.(OL-11)

 

Baca Juga

Dok NRC

Media Group News Perkuat Konvergensi

👤Ade Alawi 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 23:09 WIB
Pelatihan ini diikuti 130 peserta yang terdiri dari koresponden Media Indonesia, Metro TV, Medcom.Id, dan jurnalis Harian Umum Lampung...
DOK MI

Masyarakat Dituntut Lebih Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 22:10 WIB
"Banyak bukti ilmiah bahwa memakai masker dan jaga jarak dapat mencegah penularan," kata staf pengajar Departemen Ilmu Kesehatan...
Dok. Humas KLHK

Menteri LHK Minta Kapasitas Kebun Bibit Karanganyar Diperbesar

👤Ferdian Ananda 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 19:25 WIB
Menurut Menteri Siti, upaya menyelamatkan kawasan hutan serta menjaga mata air dan waduk perlu didukung kebun bibit yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya