Sabtu 18 April 2020, 19:05 WIB

Singa Afrika Berkeliaran di Jalan Selama Pandemi Korona

Galih Agus Saputra | Weekend
Singa Afrika Berkeliaran di Jalan Selama Pandemi Korona

Phill Magakoe / AFP
Singa Putih Afrika

ADA pemandangan cukup unik di Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan selama masa karantina.   Kawanan singa tampak tidur pulas di jalanan, yang biasanya kerap dilalui kendaraan wisatawan.

Pemandangan itu terlihat pada Kamis (16/4) lalu, ketika salah satu Penjaga Taman, Richard Sowry mengunggah foto delapan Singga tidur bersama anak-anaknya. Humas Taman Nasional Kruger, Isaac Phaala menceritakan, kawanan singa itu biasanya banyak menghabiskan waktu di semak-semak.

"Tetapi mereka sangat cerdas dan sekarang mereka terlihat tengah menikmati kebebasan taman tanpa kita. Singa pada dasarnya menyukai jalan karena kering," tuturnya, seperti dilansir The Guardian.

Sebelumnya, Kepakla Pengelola Lapangan Golf Skukuza yang berada di dalam taman nasional, Jean Rossouw juga sempat mengabadikan momen dimana sejumlah singa dan sekawanan hyena bermain di padang rumput hijau. Seekor singa tampak berhenti dan meminum air kolam di lapangan, sebelum akhirnya berlari mengejar hyena.

Meski begitu, musim pandemi ini tampaknya juga menuntun bahaya bagi spesies di tempat lainnya. Pada Maret lalu, New York Times mengabarkan adanya sejumlah orang yang mencuri kesempatan di tengah sepinya wisatawan dan pengawasan. Secara diam-diam, mereka mengatur strategi untuk memburu badak.

Perburuan itu sendiri berlangsung di North West, sebuah provinsi di Afrika Selatan yang berbatasan dengan Botswana. Kiranya ada sembilan badak yang diincar pada masa awal karantina, atau sejak 23 Maret hingga 8 April.

Beberapa hari sebelumnya, Taman Nasional Kruger, yang kurang lebih seluas Israel atau Wales itu, juga mendapat serangan. Namun, pada 21 Maret, petugas keamanan telah berhasil menangkap empat orang yang ditetapkan sebagai tersangka pemburu badak. (M-4)

Baca Juga

Instagram @zeniusuntukguru

Zenius Rilis Platform Pembelajaran untuk Para Guru

👤Putri Rosmalia 🕔Rabu 25 November 2020, 23:00 WIB
ZuG telah membuka akses pembelajaran ini ke lebih dari 6 ribu...
Instagram

Narasi Magis dalam Tradisi Islam Indonesia

👤Bagus Pradana 🕔Rabu 25 November 2020, 19:15 WIB
Memburu Muhammad merupakan buku kedua dari trilogi Islamisme Magis oleh Feby...
Luc Daelemans/Lonely Planet

Asyiknya, Kota ini Punya Jalur Sepeda Melewati Hutan

👤MI Weekend 🕔Rabu 25 November 2020, 16:00 WIB
Jalur sepeda itu melintasi Bosland, hutan terbesar di negara bagian...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya