Jumat 17 April 2020, 14:15 WIB

Gempabumi Tektonik 4.0 SR Dirasakan di Liwa, Lampung

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Gempabumi Tektonik 4.0 SR Dirasakan di Liwa, Lampung

Medcom.id
ilustrasi gempa

 


PUSAT Gempabumi dan Tsunami BMKG melaporkan adanya Gempa tektonik 4,0 skala ricter menguncang Wilayah Pesisir Barat Lampung sekira pukul 11.27 WIB Jumat (17/4). 

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,0.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho, mengatakan episenter terletak pada koordinat 5.44 LS dan 103.75 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 34 kilometer Barat Daya Pesisir Barat Lampung pada kedalaman 50 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi," kata Hendro dalam keterangannya, Jumat (17/4).

Menurutnya, dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Liwa I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," sebutnya.

Baca juga: Gempa 5,8 Magnitudo Guncang Ternate

Hingga pukul 11.45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan aktivitas Gempabumi susulan. Meskipun demikian, ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (A-2)

 

Baca Juga

Dok NRC

Media Group News Perkuat Konvergensi

👤Ade Alawi 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 23:09 WIB
Pelatihan ini diikuti 130 peserta yang terdiri dari koresponden Media Indonesia, Metro TV, Medcom.Id, dan jurnalis Harian Umum Lampung...
DOK MI

Masyarakat Dituntut Lebih Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 22:10 WIB
"Banyak bukti ilmiah bahwa memakai masker dan jaga jarak dapat mencegah penularan," kata staf pengajar Departemen Ilmu Kesehatan...
Dok. Humas KLHK

Menteri LHK Minta Kapasitas Kebun Bibit Karanganyar Diperbesar

👤Ferdian Ananda 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 19:25 WIB
Menurut Menteri Siti, upaya menyelamatkan kawasan hutan serta menjaga mata air dan waduk perlu didukung kebun bibit yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya