Kamis 16 April 2020, 10:43 WIB

Nama dan Foto Anggota DPR RI Dicatut Penipu Berkedok Lelang Mobil

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Nama dan Foto Anggota DPR RI Dicatut Penipu Berkedok Lelang Mobil

MI/Ardi Teristi Hardi
Anggota DPR RI dari Dapil DIY, Gandung Pardiman

 

NAMA dan foto anggota DPR RI dari Dapil DIY, Gandung Pardiman dicatut untuk  tindak penipuan berkedok lelang barang elektronik dan mobil. Pelaku menggunakan nomor handphone 0813 1568 5352 untuk melancarkan aksinya.

"Saya ketahui ada modus penipuan yang mencatut nama dan foto saya dari kader golkar Bantul," terang Gandung RSUD Wonosari  Gunungkidul Yogyakarta, Rabu (15/4). 

Dia melaporkan, temannya dihubungi orang melalui WA dengan foto profil dan nama Gandung Pardiman. Sebagai langkah antisipasi agar tidak ada yang menjadi korban, pihaknya telah menyebarkan upaya penipuan tersebut di medsos. Modus pelaku adalah menghubungi calon korban dengan cara chatting menggunakan aplikasi whatsapp (WA) dengan foto profil Gandung Pardiman.

Pelaku menginformasikan adanya lelang mobil dan motor di Kementerian Keuangan menyatakan bisa membantu mengikuti lelang tersebut. Syaratnya, korban harus mentransfer uang jutaan rupiah terlebih dahulu.

Gandung Pardiman mengimbau, masyarakat tidak melayani pihak yang mengaku-ngaku dan seolah-olah melelang barang elektronik maupun mobil dengan mencatut namanya. 

"Jangan mudah percaya jika ada pihak-pihak yang mengaku sebagai Gandung Pardiman dan mengadakan lelang elektronik maupun mobil," jelas dia.

Gandung Pardiman menambahkan berdasarkan hasil penelusuran nomer tersebut berada di Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara. Sampai saat ini belum ada laporan mengenai adanya korban atas tindakan pelaku yang terdeteksi di Sumatra Utara tersebut.

"Namun jika sampai ada korban, maka saya akan laporkan ke polisi untuk diproses hukum," jelas Gandung Pardiman.

Dihubungi lewat telepon, salah seorang yang menjadi target pelaku, Nita  Karlina, 42 menceritakan modus korban. Perempuan warga Srandakan, Bantul mengaku, pada Selasa kemarin (14/4) dia dihubungi melalui Whatsapp oleh 0813 1568 5352.

Nomor tersebut, kata Nita yang berteman dengan Gandung Pardiman di Facebook, memakai foto profil dan nama Gandung Pardiman yang sama seperti di profil Facebook milik Gandung Pardiman. 

"Saya sempat tanya juga apa benar ini pak Gandung Pardiman. Dijawab iya," terang dia.

baca juga: Sumsel Bangun Dapur Umum untuk Warga Terdampak Covid-19

Nita pun lanjut bertanya, sekarang Bapak di Jogja atau di Jakarta dan dijawab di Jakarta. Setelah menjawab itu, pelaku menawarkan adanya lelang tersebut. Nita pun merasakan, dirinya seperti kena hipnotis. Namun, saat Nita Karlina menyatakan tidak tertarik ikut lelang karena tidak punya uang banyak, pelaku malah bilang mau pinjam uang.

Dari situ, dia curiga, yang menghubungi bukan Gandung Pardiman. Dia yakin  dirinya tengah menjadi target penipuan.

"Masak pak Pak Gandung anggota DPR RI kok pinjam uang dan pinjamnya sedikit  enggak sampai 10 juta," pungkas Nita.(OL-3)

Baca Juga

Antara

Ditemukan Lagi Tengkorak Manusia di Pura Bias Aud-Bali

👤Antara 🕔Minggu 05 Juli 2020, 20:45 WIB
POLRES Badung bersama jajaran Polsek Kuta Utara menemukan Kerangka tengkorak manusia di Pura Bias Aud, Banjar Batu Belig, Badung, Bali,...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Jogja Bersiap Terima Kunjungan Libur Kenaikan Kelas

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Minggu 05 Juli 2020, 20:00 WIB
"Dalam rangka kehati-hatian dalam persiapan menuju new normal, pengetatan terhadap protokol baru, aturan baru, tatanan baru...
MI/John Lewar

Keuskupan Ruteng Salurkan Sembako Terdampak Covid-19

👤John Lewar 🕔Minggu 05 Juli 2020, 19:55 WIB
MENGURANGI beban para korban terdampak Covid-19, pemimpin tertinggi gereja katolik keuskupan Ruteng wilayah Flores Barat membagikan sembako...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya