Kamis 16 April 2020, 09:51 WIB

Orang Tanpa Gejala Jadi Pembunuh Potensial

Lina Herlina | Nusantara
Orang Tanpa Gejala Jadi Pembunuh Potensial

MI/Lina Herlina
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah sebut orang tanpa gejala bisa menjadi pembunuh potensial kasus covid-19.

 

SEJAK virus korona atau covid-19 merebak, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, baru melakukan rapid test atau tes cepat kepada 15 ribu warganya. Alasannya, test cepat itu diprioritaskan bagi para orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasa (PDP). Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulsel, jumlah ODP  di Sulsel mencapai 2.752 orang, PDP sebanyak 427 orang. Sementara untuk pasien yang dinyatakan positif covid-19 yakni sebanyak 243 orang.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah  mengatakan rapid test dilakukan untuk memberi rasa aman agar tim medis juga bisa segera melakukan penindakan dari hasil test cepat yang dilakukan.

"Upaya kita memutus mata rantai penyebaran virus korona dengan rapid test. Karena ODP maupun PDP sangat berpotensi menyebarkan virus kepada orang lain. Apalagi ODP saat ini didominasi dengan orang tanpa gejala (OTG)," jelas Nurdin.

baca juga: Sudah Enam Orang Meninggal Akibat DBD di Tasikmalaya

Jika hasil rapid test menyatakan hasil positif Covid-19, Nurdin mengatakan pasien yang bersangkutan agar bisa legowo. Ia dan berharap agar para ODP maupun PDP memberikan keterbukaan terkait riwayat perjalanan termasuk dengan siapa mereka telah berinteraksi.

"Jadi, jangan sampai kita sudah PDP dengan tanpa gejala tapi takut  periksa sementara kita tahu kita sudah berinteraksi dengan orang yang positif harusnya legowo datang periksakan diri. Jangan sudah OTG masih berkeliaran kemana-mana, itu jadi pembunuh potensial," tutup Nurdin. (OL-3)

Baca Juga

MI/M Irfan

PT SER Laporkan Penghambat Investasi ke Polda Jawa Timur

👤Henri Siagian 🕔Jumat 03 Juli 2020, 18:34 WIB
Dia mengakui, pihak SER sudah setahun terakhir telah mendesak Bupati Bojonegoro untuk segera merealisasikan pembagian dividen dan...
MI/Yohanes Manasye

Didemo Mahasiswa, Bupati Lanjutkan Izin Pabrik Semen

👤Yohanes Manasye 🕔Jumat 03 Juli 2020, 17:06 WIB
Ketua PMKRI Ruteng Hendrikus Mandela meminta Pemkab Manggarai Timur untuk mengembangkan pariwisata alam dan...
Dok Pribadi

Bupati Manggarai Timur Akui Pabrik tidak Pekerjakan Seluruh Warga

👤Yohanes Manasye 🕔Jumat 03 Juli 2020, 17:03 WIB
Agas mengatakan pihaknya akan meminta pihak perusahan agar persentase pekerja pabrik semen tersebut 70-30. Namun ia tak menjelaskan apakah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya