Kamis 16 April 2020, 08:31 WIB

Sejumlah Kejuaraan Sepeda Tingkat Dunia Ditunda Lantaran Korona

Galih Agus Saputra | Olahraga
Sejumlah Kejuaraan Sepeda Tingkat Dunia Ditunda Lantaran Korona

JEFF PACHOUD / AFP)
Kejuaraan balap sepeda Tour de France yang biasanya digelar Juni-Juli kemungkinan bergeser ke Agustus. Itu pun jika wabah korona mereda

MEREBAKNYA wabah korona turut memengaruhi agenda balap sepeda tingkat dunia. Setelah pekan lalu, International Cycling Union (UCI) mengisyaratkan penyusunan ulang kalender kegiatan di 2020, kini Presiden Liga Bersepeda Perancis, Marc Madiot mengungkapkan hal serupa.

Madiot mengatakan kejuaraan balap sepeda paling bergengsi di dunia 'Tour de France' yang sedianya dihelat akhir Juni hingga pertengahan Juli, tahun ini kemungkinan dimulai pada Agustus. Langkah itu diputuskan penyelenggara pasc munculnya himbauan Presiden Perancis, Emmanuel Marcon terkait kegiatan publik.

"Berdasarkan apa yang (Macron) katakan kepada kami, kemungkinan 'Tour de France' ada di bulan Agustus," ujarnya, sebagaimana dilansir The Guardian.

Macron sendiri mengumumkan adanya larangan kegiatan publik terkait pandemi korona, pada Senin (13/4) lalu. Larangan tersebut berlaku hingga Sabtu (11/7) mendatang. Untuk diketahui, total kasus pandemi korona di Perancis sendiri, sebagaimana dilaporkan Worldmeter Coronavirus, Rabu (15/4), mencapai 143,303. Dari jumlah itu, yang meninggal mencapai 15,729 orang dan yang sembuh 28,805 orang.

Manajer Tim AG2R La Mondiale, Vincent Lavenu optimis 'Tour de France' tetap dapat berlangsung tahun ini. Sebab, perhelatan akbar itu menurutnya sangat penting untuk badan penyelenggara olahraga, sponsor, tim, maupun pebalap yang tergabung di dalamnya.

Optimisme juga muncul dari Juara Tour de France 2018, Geraint Thomas. Pebalap asal Inggris berusia 33 tahun itu mengatakan 'Tour de France' ialah perhelatan yang ditunggu-tunggu pebalap sepeda tingkat dunia.

"Sulit ketika Anda tidak tahu kapan perhelatan itu akan berlangsung, dan tetap berusaha berada dalam kerangka berpikir positif. Tetapi, di kepalaku, aku hanya berpikir tur pasti akan digelar. Entah kapan, tapi mudah-mudahan benar-benar terjadi," tutur pebalap yang mengusung bendera tim Ineos tersebut.

Selain 'Tour de France', beberapa agenda balap sepeda tingkat dunia lainnya juga telah dibatalkan. Penangguhan terjadi sejak Sabtu (14/3) lalu dan menyasar perhelatan seperti Giro d'Italia, Milan-San Remo, Tour of Flanders, hingga Paris-Roubaix. (M-4)

Baca Juga

AFP/Philip Fong

Olimpiade Digelar Sederhana, KOI : yang Penting Bisa Terlaksana

👤Deden Muhammad Rojani 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 16:21 WIB
“Saya pada prinsipnya mendukung semua keputusan dari IOC, saya percaya IOC itu pasti mencari format-format yang terbaik dalam situasi...
wtatennis.com

Asleigh Barty Ragu Tampil di AS Terbuka

👤MI 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 03:40 WIB
PETENIS Australia Ashleigh Barty menyatakan dirinya belum bisa berkomitmen untuk ikut bermain di Amerika Serikat (AS)...
AFP/ANDREJ ISAKOVIC

Yao Ming Siap Kawal Musim Kompetisi Bola Basket Tiongkok

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Jumat 05 Juni 2020, 15:53 WIB
Pertandingan akan digelar secara tertutup, sejalan dengan olahraga di seluruh dunia yang menggelar pertandingan selama...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya