Rabu 15 April 2020, 13:09 WIB

Aplikasi ASAP Digital Cegah Karhutla di Jambi

Solmi | Nusantara
Aplikasi ASAP Digital Cegah Karhutla di Jambi

ANTARA/Wahdi Septiawan
Pemulihan kawasan bekas karhutla di Bungku, Bajubang, Batanghari, Jambi, Sabtu (14/3).

 

PEMERINTAH Provinsi Jambi bersama jajaran penegak hukum dari kepolisan dan TNI akan menggunakan pengawasan dengan sistem digital menggunakan jaringan televisi tertutup atau CCTV (closedcircuit television) di lahan rawan terbakar, terutama di lahan gambut sekitar areaal kelola perusahaan perkebunan dan kehutanan.

Menurut Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Jambi Kombes Pol M Edi Faryadi, melalui aplikasi digital, CCTV yang dipasang di titik strategis akan terhubung dengan Pos Komando (Command Centre) di Polda Jambi, Korem 042 Garuda Putih, Kantor Instansi terkait dan posko karhutla di beberapa perusahaan.

"Dari pemetaan, kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Jambi, hotspot terbanyak berada di daerah yang sama, yakni di lahan gambut. Diharapkan melalui Aplikasi ASAP Digital nantinya potensi kebakaran bisa dientaskan," kata Edi Faryadi yang memaparkan materi Aplikasi ASAP Digital pada Rapat Koordinasi tentang antisipasi dan pencegahan Karhutla di Dinas Perkebunan Jambi, Selasa (14/4).

Baca juga: Perusahaan Sawit di Riau Mulai Proaktif Cegah Karhutla

Dia menerangkan, Aplikasi ASAP Digital merupakan aplikasi pencegahan karhutla berbasis CCTV secara digital. Perangkat CCTV yang dipasang akan mampu mengawasi areal dengan radius empat kilometer, atau seluas 1.200 hektare. Perangkat yang diharapkan disiapkan sejumlah perusahaan perkebunan itu, dilengkapi sensor panas, sensor udara dan asap.

Wacana tentang penggunaan aplikasi ASAP Digital untuk mencegah dan pengawasan karhutla itu direspon positif oleh Gubernur Jambi. Melalui Asisten II Setda Propinsi Jambi Agus Sunaryo pemberdayaan aplikasi tersebut bisa menjadi salah satu solusi efektif dan efisien dalam pencegahan dan penanganan masalah karhutla di Jambi. (A-2)

Baca Juga

Medcom.id

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Cilacap Capai 95 Persen

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 20:01 WIB
Hal yang harus terus dilaksanakan oleh masyarakat adalah disiplin dalam mentaati protokol...
MI/John lewar

Masuk Objek Wisata di Mabar Tak Lagi Gratis

👤John Lewar 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 19:55 WIB
Mulai 15 Agustus 2020 ini pemerintah kabupaten Manggarai Barat (Mabar) di Labuanbajo NTT memberlakukan retribusi masuk ke objek wisata di...
ANTARA/Muhammad Arif Pribadi

Polda Sumbar Tetapkan Bupati Agam Tersangka Ujaran Kebencian

👤Yose Hendra 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 19:54 WIB
Postingan berupa foto Mulyadi bareng perempuan di akun Facebook juga menjadi alat bukti penetapan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya