Senin 13 April 2020, 12:55 WIB

WFH Naikkan Omzet Pedagang Sayuran di Lembang

Depi Gunawan | Nusantara
WFH Naikkan Omzet Pedagang Sayuran di Lembang

MI/Depi Gunawan
Omzet pedagang sayuran di Lembang, Bandung Barat naik selama pemberlakukan work from home.

 

IMBAUAN pemerintah kepada masyarakat agar tetap berada di rumah guna mencegah penyebaran covid-19 rupanya mendongkrak penjualan sayuran online.Kemudahan layanan antar langsung ke konsumen menyebabkan penyedia jasa kebanjiran pesanan, bahkan pesanan naik hingga 100 persen dibandingkan sebelum pemberlakuan status darurat bencana covid-19.

Salah satu pelaku bisnis penjualan sayuran via daring di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Dadan Kartiwa mengaku ide awal menjual sayuran secara online karena adanya pemberlakuan work from home (WFH) sehingga masyarakat tidak bisa leluasa berbelanja ke pasar.

"Sayuran yang biasanya dipasok ke sejumlah pasar terhambat gara-gara korona, khawatir enggak terjual dan jadi busuk, kita alihkan penjualan secara online. Ternyata penjualan online lebih ramai, omsetnya naik dua kali lipat," kata Dadan, Senin (13/4).

Sejak dikeluarkannya kebijakan pemerintah tersebut, Dadan menyebutkan, dalam sehari pihaknya bisa mengirimkan berbagai jenis sayuran yang dipesan konsumen hingga 30 rumah untuk di wilayah Bandung. Sedangkan untuk wilayah Jakarta mencapai diatas 500 ton perminggu.

"Untuk di wilayah Bandung, kita manfaatkan jasa ojek online. Sistemnya, setelah konsumen memesan, sehari berikutnya barang dikirim ke alamat yang dituju. Untuk biaya ongkosnya disesuaikan dengan jarak," bebernya.

Terkait harga, Dadan mengatakan, sayuran yang dijual sedikit lebih mahal dibandingkan pasar tradisional. Tetapi dia juga menjamin kesegaran dan kualitas sayuran yang dijualnya lebih baik.

"Kami melayani pesanan hingga 54 item sayuran berbagai jenis. Karena pesanan cukup banyak, kami harus menambah jumlah pekerja, alhamdulilah dengan peningkatan order akhirnya bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain," tuturnya.

baca juga: Media Grup Serahkan Bantuan APD di NTT

Dia menambahkan, stok sayuran hingga saat ini relatif cukup melimpah karena langsung diambil dari kebun di sentra sayuran Lembang. 

"Sejauh ini stoksayuran masih cukup karena langsung diambil dari kelompok tani yang berada di Desa Cibodas Lembang," jelasnya. (OL-3)

Baca Juga

MI/John lewar

Masuk Objek Wisata di Mabar Tak Lagi Gratis

👤John Lewar 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 19:55 WIB
Mulai 15 Agustus 2020 ini pemerintah kabupaten Manggarai Barat (Mabar) di Labuanbajo NTT memberlakukan retribusi masuk ke objek wisata di...
ANTARA/Muhammad Arif Pribadi

Polda Sumbar Tetapkan Bupati Agam Tersangka Ujaran Kebencian

👤Yose Hendra 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 19:54 WIB
Postingan berupa foto Mulyadi bareng perempuan di akun Facebook juga menjadi alat bukti penetapan...
Antara/Hendra Nurdiyansyah

DIY: Jumlah Pasien Sembuh Empat Kali Lipat Pasien Baru

👤Ardi Teristi 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 18:55 WIB
Jumlah pasien sembuh di DIY, Selasa (11/8), empat kali lipat lebih banyak dibandingkan pasien baru yang terdeteksi...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya