Senin 13 April 2020, 08:01 WIB

Satu Tenaga Kesehatan Haji asal Pamekasan Positif Covid-19

Antara | Nusantara
Satu Tenaga Kesehatan Haji asal Pamekasan Positif Covid-19

ANTARA/SAIFUL BAHRI
Warga beraktivitas di kawasan physical distancing di kawasan Monumen Arek Lancor, Pamekasan, Jawa Timur, Minggu (12/4).

 

SEORANG tenaga kesehatan haji Indonesia (TKHI) asal Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, dikonfirmasi positif terserang covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium Kementerian Kesehatan.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler Pemerintah Kabupaten Pamekasan Sigit Priyono dalam siaran pers pemerintah kabupaten yang diterima di Pamekasan, Senin (13/4), mengatakan bahwa TKHI asal Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, tersebut bekerja di Kabupaten Sampang.

Menurut dia, tim Satuan Tugas Penanggulangan covid-19 Kabupaten Pamekasan mengetahui TKHI tersebut positif terserang virus korona tujuh hari setelah Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengumumkan bahwa narasumber dalam pelatihan persiapan pelaksanaan layanan haji di Surabaya positif covid-19.

Setelah pengumuman dari pemerintah provinsi, Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 Pamekasan melakukan penelusuran lalu menetapkan TKHI tersebut sebagai orang dalam pemantauan (ODP) dan meminta dia melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

"Sejak datang dari mengikuti pelatihan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri," kata Sigit.

Baca juga: Bupati dan Wabup Pamekasan Hibahkan Gaji Atasi Covid-19

Pada hari ke-14 isolasi mandiri, TKHI tersebut mengalami gejala sakit dan memeriksakan diri ke RSUD Sampang, rumah sakit di daerah tempat dia bekerja.

 "Di sana sampel spesimennya diambil, lalu dikirim ke laboratorium Kemenkes RI, dan hasilnya diketahui 12 April 2020 sekitar pukul 15.00 WIB, bahwa yang bersangkutan positif," kata Sigit.

Dengan adanya seorang warga Kecamatan Proppo yang positif terpapar virus korona tersebut, jumlah warga Pamekasan yang dikonfirmasi positif covid-19 sebanyak tiga orang.

"Dari tiga orang yang positif ini, dua di antaranya merupakan petugas haji yang pernah mengikuti pelatihan haji di Asrama Haji Sukolilo," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Pamekasan Achmad Marsuki. (A-2)

Baca Juga

Medcom.id

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Cilacap Capai 95 Persen

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 20:01 WIB
Hal yang harus terus dilaksanakan oleh masyarakat adalah disiplin dalam mentaati protokol...
MI/John lewar

Masuk Objek Wisata di Mabar Tak Lagi Gratis

👤John Lewar 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 19:55 WIB
Mulai 15 Agustus 2020 ini pemerintah kabupaten Manggarai Barat (Mabar) di Labuanbajo NTT memberlakukan retribusi masuk ke objek wisata di...
ANTARA/Muhammad Arif Pribadi

Polda Sumbar Tetapkan Bupati Agam Tersangka Ujaran Kebencian

👤Yose Hendra 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 19:54 WIB
Postingan berupa foto Mulyadi bareng perempuan di akun Facebook juga menjadi alat bukti penetapan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya