Minggu 12 April 2020, 14:45 WIB

Kadin DKI Apresiasi Program Prakerja

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Kadin DKI Apresiasi Program Prakerja

MI/Fransisco Carolio
Seorang karyawan menarik tumpukan sepatu di tengah penutupan Blok M Mall akibat pandemi covid-19

 

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta, Diana Dewi menyambut positif kebijakan pemerintah dalam rangka mengurangi beban pekerja, dengan program Kartu Prakerja.

"Kami apresiasi program Prakerja, yang bisa membantu bagi mereka yang kehilangan pekerjaan atau mengalami penurunan pendapatan akibat pandemi covid-19," kata Diana saat dikonfirmasi, Minggu (12/4).

Diana memahami dengan kondisi yang terjadi saat ini yang bisa menyebabkan para pekerja terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Namun, ia mengatakan masih ada alternatif kebijakan lain untuk mengurangi beban perusahaan.

Beberapa kebijakan yang bisa dilakukan, antara lain mengurangi upah dan fasilitas pekerja tingkat atas, mengurangi shift kerja, lalu membatasi atau menghapuskan kerja lembur, dan mengurangi jam kerja. Selain itu, mengurangi hari kerja dan meliburkan atau merumahkan pekerja secara bergilir untuk sementara waktu.

"Kami berharap Kebijakan PHK akan menjadi alternatif terakhir yang akan ditempuh oleh pengusaha dalam menjaga cashflow dan likuiditas perusahaan," jelas Diana.

Diana menuturkan, berdasarkan data Kemenaker per (9/4) untuk sektor formal yang dirumahkan dan di-PHK sebanyak 41.876 perusahaan. Jumlah tenaga kerja yang terdampak sebanyak 1.052.216 orang.

Baca juga: Sedih, 50.891 Pekerja Jakarta di-PHK Selama Pandemi

Lalu data dari Disnaker DKI juga menyebutkan sudah ada 162.416 pekerja yang terdampak covid-19, ada 132.279 orang pekerja yang dirumahkan oleh 14.697 perusahaan. Lalu ada 3.348 perusahaan yang melakukan PHK terhadap 30.137 orang pekerja.

"Kami juga berharap pemerintah dapat memberikan stimulus atau paket kebijakan ekonomi yang dapat meringankan beban dari dunia usaha," pungkas Diana.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meresmikan pembukaan pendaftaran progam Kartu Prakerja gelombang pertama pada (11/4).

Pendaftaran itu dapat dilakukan secara daring melalui situs www.prakerja.go.id. Situs ini dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Pekerja bisa membuat akun dan mendaftar kartu prakerja, pelaku usaha kecil, dan pencari kerja. Syaratnya ialah warga negara Indonesia, berusia di atas 18 tahun, dan tidak sedang sekolah atau kuliah. (OL-14)

 

Baca Juga

Antara

Tangkap Dua Kurir Narkoba, Polisi Sita 18 Paket Sabu

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 21:55 WIB
Sabu yang disita berasal jaringan Aceh dan akan diedarkan di wilayah hukum Polda Metro...
Dok.MI

4 Pilot Konsumsi Sabu, Kemenhub Janji Tak Akan Intervensi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 17:51 WIB
Penanganan terhadap dugaan penyalahgunaan narkoba oleh pilot adalah wewenang penuh pihak...
MI/ BARY FATHAHILAH

Dampak Covid-19, Kemiskinan di Depok Meningkat

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 16:40 WIB
Pandemi covid-19 menyebabkan problem besar di Kota Depok. Satu di antaranya ialah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya