Minggu 12 April 2020, 14:44 WIB

Warga Serbu I​​​​​​​stana, Presiden Evaluasi Cara Bagikan Sembako

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Warga Serbu I​​​​​​​stana, Presiden Evaluasi Cara Bagikan Sembako

ANTARA/JOJON
Tukang becak mengambil paket sembakonya di Kompleks Perumahan Satelit Kecamatan Kolaka, Sulawesi Tenggara, Sabtu (11/4).

 

BEREDAR video di media sosial yang menunjukkan adanya pergerakan warga dalam numlah besar menuju Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (11/4) malam.

Di media sosial disebutkan bahwa pergerakan tersebut dipicu pembagian paket sembako dari Presiden Joko Widodo. Namun, hal tersebut dibantah pihak Istana Kepresidenan.

“Tidak ada kegiatan pembagian paket sembako oleh Presiden pada Sabtu malam di Bogor,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden kepada Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin melalui keterangan resmi, Minggu (12/4)

Presiden Joko Widodo memang membagikan paket sembako tetapi itu dilakukan pada Kamis (9/4) sore, di Jakarta dan Jumat (10/4) malam, di Bogor.

"Dalam kegiatan pembagian paket sembako tersebut, pihak Paspampres selalu mengutamakan protokol kesehatan dan menerapkan physical distancing," lanjutnya.

Baca juga: Pulang Kerja, Presiden Bagikan Sembako

Bey mengatakan pergerakan massa ke Istana pada Sabtu Malam didasari oleh informasi hoaks yang beredar yang menyebutkan presiden akan kembali membagikan sembako.

“Kemungkinan karena malam sebelumnya ada pembagian paket sembako, masyarakat mengira akan ada pembagian lagi sehingga mereka berbondong-bondong ke Istana Bogor," tutur Bey.

Ke depannya, berkaca dari dua kegiatan pembagian yang akhirnya menyulut warga bergerak menuju Istana, Sekretariat Presiden, Sekretariat Militer Presiden dan Paspampres akan mengevaluasi cara pembagian sembako yang tentunya mengutamakan physical distancing, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Terlebih lagi, DKI Jakarta dan wilayah Bogor sudah ditetapkan Menteri Kesehatan sebagai wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tentunya kita semua harus mendukung pelaksanaan PSBB ini,” tandasnya. (A-2)

Baca Juga

ANTARA/Reno Esnir

KPK Eksekusi Rohadi ke LP Sukamiskin

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 28 September 2020, 11:48 WIB
Rohadi akan menjalani pidana penjara selama lima tahun dikurangi selama berada dalam tahanan dan diperhitungkan dengan pidana penjara yang...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Usut Nurhadi, KPK Periksa Advokat

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 28 September 2020, 11:37 WIB
Ia berstatus sebagai saksi untuk tersangka suap dan gratifikasi terkait dengan perkara di Mahkamah Agung (MA) pada 2011-2016, Nurhadi...
MI/Yose Hendra

DMI: Masjid dan Musala Harus Bersih Dari Pilkada

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 September 2020, 11:28 WIB
Dewan Masjid Indonesia mengeluarkan maklumat agar para anggota DMI netral selama Pilkada. Juga menjadikan masjid dan musala bersih dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya