Minggu 12 April 2020, 11:51 WIB

Hadapi Covid-19, PGI Ajak Umat Galang Solidaritas Kreatif

Antara | Humaniora
Hadapi Covid-19, PGI Ajak Umat Galang Solidaritas Kreatif

ANTARA/NYOMAN HENDRO WIBOWO
Relawan menyerahkan sumbangan barang kebutuhan pokok kepada warga terdampak covid-19 di Lingkungan Suwung Batan Kendal, Denpasar, Bali.

 

PERSATUAN Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mengajak seluruh umat Nasrani menggalang solidaritas melalui upaya kreatif di tengah covid-19 yang mewabah saat perayaan Paskah 2020.

Pernyataan itu disampaikan Sekretaris Umum PGI Pendeta Jacky Manuputty dalam konferensi pers di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta yang disiarkan secara langsung melalui tayangan video, Minggu (12/4).

"Sebagai umat gereja kita juga menerjemahkan usaha ini dengan mengubah cara beribadah kita dari badan secara ragawi berkumpul di gedung gereja, menjadi beribadah keluarga di rumah masing-masing yang disebut juga sebagai gereja kecil dengan melakukan anjuran pemerintah dan otoritas medis," katanya.

Jakcy mengajak umat untuk dapat menggerakkan tindakan solidaritas melalui upaya kreatif berbasis keluarga.

"Keluarga yang mampu bisa menyisihkan sedikit dari kelebihannya untuk membantu keluarga yang berkekurangan seperti memberi makanan suplemen, vitamin, masker dan ide-ide kreatif," katanya.

Ide kreatif itu bisa dibuat dengan memanfaatkan sosial media atau media lainnya untuk mengirimkan doa-doa pendek, nyanyian-nyanyian penguatan atau kalimat-kalimat solidaritas penuh penghiburan.

Baca juga: Umat Katolik di Minahasa Misa Paskah Memanfaatkan Facebook

Upaya itu bisa dilakukan umat dengan cara direkam dan dikirim kepada mereka yang menderita atau juga kepada mereka yang bertarung untuk melayani secara langsung pasien covid-19.

"Kirimkan kepada mereka yang terpapar virus korona atau seperti kalangan dokter dan tenaga medis, para aparat keamanan, jurnalis dan

lainnya saat merayakan Paskah bersama keluarga mereka di rumah," katanya.

Jakcy menambahkan, semangat itu sejalan dengan tema Paskah pada tahun ini, "Kebangkitan Kristus Membawa Harapan Baru".

Tema ini dirumuskan dari Injil Lukas Pasal 24 ayat 5 dan 6 berbunyi, "Mengapakah yang hidup di antara orang mati ia tidak ada di sini, ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakanNya kepada kamu ketika ia masih di Galilea," ujarnya. (A-2)

Baca Juga

Antara/Nova Wahyudi

Bersepeda Aman Di Masa Pandemi, Ini Tips dan Triknya

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 05 Juli 2020, 22:08 WIB
Di sisi lain, ia menambahkan, para pesepeda harus memperhatikan keselamatan dirinya sebelum bersepeda, seperti mengenakan...
Ilustrasi

Norwegia Assesment Dokumen untuk Pencairan Dana Emisi

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 05 Juli 2020, 21:08 WIB
Norwegia saat ini sedang melakukan assessment dan minta dukomen kepada Indonesia sebagai Negara penerima dana atas pengurangan emisi...
Antara/HO/Humas Kemensos RI

Mensos : Puskesos Garda Depan Pendataan dan Pengaduan Masyarakat

👤Antara 🕔Minggu 05 Juli 2020, 20:59 WIB
Mensos Juliari sangat antusias berinteraksi dengan petugas front office dan back office saat melihat mekanisme pendataan keluhan yang sudah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya