Jumat 10 April 2020, 21:00 WIB

Prodi Informatika dan Manajemen Paling Favorit

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Prodi Informatika dan Manajemen Paling Favorit

FOTO ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang
Ilustrasi

 

PROGRAM studi Teknik Informatika dan Manajemen diketahui menjadi jurusan yang banyak diincar oleh calon mahasiswa baru yang mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020.

Wakil Ketua II Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Sutrisna Wibawa mengatakan, program studi Teknik Informatika banyak diminati oleh peserta SNMPTN karena tren yang ada saat ini.

Teknologi yang berkembang pesat, dinilai akan membuka lapangan kerja baru, sehingga banyak mahasiswa yang ingin mengambil kesempatan tersebut.

“Dunia sedang tren revolusi industri 4.0, penandanya era teknologi. Otomatis masyarakat menganggap penguasaan teknologi itu akan membuka lapangan kerja baru,” ujar Sutrisna saat dihubungi Media Indonesia, Jumat (10/4).

Sedangkan jurusan Manajemen yang merupakan program studi lama, juga dinilai memiliki kesempatan kerja yang terbuka lebar, karena setiap perusahaan membutuhkan bidang Manajemen.

“Dii semua lini kan butuh Manajemen, keterbukaan lowongan kerja itu cukup lebar untuk manajemen,” imbuhnya.

Selain Teknik Informatika dan Manajemen, jurusan Psikologi dan Farmasi juga banyak diincar para peserta karena dinilai memiliki peluang kerja yang lebar. Sedangkan jurusan yang tergolong sepi peminat yakni jurusan Pertanian, Perikanan, dan Peternakan.

“Ini kan sebenarnya potensial. Negara kita kan negara agraris, negara maritim, tapi saya nggak tahu juga kenapa peminatnya tidak terlalu besar,” ujarnya.

Pria yang juga merupakan rektor Universitas Negeri Yogyakarta mengungkapkan, total calon mahasiswa baru UNY yang dinyatakan lulus SNMPTN 2020 sebanyak 1.552 peserta yang terbagi menjadi 531 calon mahasiswa di bidang Saintek dan 1.021 calon mahasiswa di bidang Soshum.

Lima prodi di bidang Saintek yang paling diminati yaitu Pendidikan Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Statistika. Sedangkan lima prodi populer di bidang Soshum yaitu Psikologi, Akuntansi, Manajemen, Pendidikan Teknik Boga, dan Ilmu Komunikasi.(OL-4)

Baca Juga

Antara/Didik Suhartono

One Gate Sistem Mampu Kendalikan Overload Pasien RS Rujukan

👤Ferdian Ananda 🕔Senin 06 Juli 2020, 14:20 WIB
Otoritas setempat telah berbenah dengan memberlakukan one gate system untuk rumah sakit rujukan...
Antara

Indonesia Berkomitmen Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 06 Juli 2020, 14:04 WIB
Indonesia memiliki komitmen untuk menurunkan GRK sebanyak 26% pada 2020 dan meningkat 29% di 2030. Oleh karena itu, berbagai program...
ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Iluni UI: UI Watch bukan Sikap Resmi Kami

👤 Indriyani Astuti 🕔Senin 06 Juli 2020, 08:12 WIB
Dari sisi organisasi, tujuan, maupun kegiatan, UI Watch tidak terkait secara struktur dan bukanlah sikap resmi dari Iluni...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya