Jumat 10 April 2020, 17:11 WIB

RS Rujukan Korona Bakal Ditambah 4 Kali Lipat

Atalya Puspa | Humaniora
RS Rujukan Korona Bakal Ditambah 4 Kali Lipat

Antara
Petugas mengecek alat di ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno, Solo, Jawa Tengah.

 

KEMENTERIAN Kesehatan akan menambah rumah sakit (RS) rujukan penanganan virus korona atau covid-19 hingga empat kali lipat.

"RS rujukan akan terus dikembangkan 3 sampai 4 kali lipat dari 132 RS, sampai nantinya berjumlah 492. Saat ini yang berproses ada 102 RS," kata Sekretaris Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Kemenkes Trisa Wahjuni Putri di Jakarta, Kamis (9/4).

RS tersebut meliputi RS milik pemerintah dan swasta. Adapun, penambahan tersebut akan dilakukan di sejumlah wilayah di Indonesia, terutama wilayah dengan lokal transmisi.

Baca juga: Pemerintah Mengapresisi Umat Nasrani Penuhi Pembatasan Fisik

Adapun, Trisa menyatakan jumlah tenaga ahli kesehatan yang meliputi dokter spesialis paru, hingga dokter spesialis penyakit dalam di 132 RS rujukan berjumlah 1.728.

Trisa menyebut, pemenuhan tenaga kesehatan saat ini memang menjadi kendala tersendiri. Meningkatnya kasus yang terus-menerus, menuntut fasilitas kesehatan untuk terus berkembang. Otomatis, kebutuhan tenaga kesehatan juga semakin banyak.

"Dalam kondisi kasus makin meningkat, upaya penyiapan fasilitas semakin gencar, penguatan pada pelayanan kesehatan, menambah RS darurat covid-19, seperti Wisma Atlet, ini tantangan. Kita memang belum siap merespons RS dengan tenaga yang ada," ujarnya.

Baca juga: Update: Pasien Positif Korona Sembuh Tambah 30 Orang

Trisa menyatakan pihaknya terus berupaya untuk memperkuat kebutuhan tenaga kesehatan. Hal itu dilakukan dengan cara melibatkan tenaga kesehatan di berbagai bidang, mulai dari tenaga kesehatan di puskesmas untuk menjalankan upaya promotif dan preventif.

"Pembekalan pelatihan praktis kepada tenaga kesehatan juga kita lakukan, kita kerja sama dengan dirjen Pelayanan Kesehatan, bagaimana kita memutus rantai penularan dan melakukan tracing agar tertangkap siapa-siapa yang berpotensi. Selain itu, penguatan tenaga kesehatan juga dilakuakn dengan menghimpun relawan," tandasnya. (X-15)

 

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Sebanyak 63 Ribu Desa Telah Terima BLT

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 12:00 WIB
"Jumlah ini artinya sudah 85% dari total 74.953...
ANTARA/Asep Fathulrahman

PJJ Berlanjut, Pemerintah Diminta Permudah Akses Belajar Siswa

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 11:53 WIB
Ketika PJJ diperpanjang, harus disiapkan pula infrastruktur pendukung dan peningkatan kemampuan para guru dalam pelaksanaan...
Ist

Alumni Akabri 96 Beri 15 Ribu Paket Sembako untuk Korban Covid-19

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 11:19 WIB
Kegiatan baksos serentak dilakukan di beberapa wilayah, di antaranya Polda Metro Jaya dengan 4.000 paket sembako, Polda Sulut 500 paket,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya