Jumat 10 April 2020, 08:45 WIB

Positif Covid-19, Pasien di NTT Buat Pengumuman Lewat Youtube

Palce Amalo | Nusantara
Positif Covid-19, Pasien di NTT Buat Pengumuman Lewat Youtube

AFP/Josh Edelson
Logo Youtube berukuran besar terpasang di markas utama yang berlokasi di San Bruno, California.

 

PASIEN positif virus korona (covid-19) pertama di Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit (RS) WZ Johannes, Kupang.

Pasien bernama El Asamau, asal Kalabahi, Kabupaten Alor, bahkan mengumumkan sendiri statusnya lewat Youtube. Video berdurasi 18,45 menit diunggah pada Kamis (9/4) malam, dengan judul “Positif Corona Pertama NTT, Klarifikasi Terkait Banyak Keluarga dan Teman yang Bertanya Sejak Sore'.

"Dokter sampaikan saya orang pertama dinyatakan positif korona. Saya diisolasi di rumah sakit daerah," kata El dikutip dari video yang diunggah di Youtube, Jumat (10/4).

Baca juga: Pasien Sembuh Covid-19 Menjadi 252 Orang

El menduga dirinya terjangkit covid-19 di Jakarta. Dia sempat berada di Jakarta bersama rekan-rekannya dalam rangka persiapan studi. Sebelum ke Jakarta, El dan rombongan melakukan persiapan di Yogyakarta. Selama berada di dua kota tersebut, dia mengaku badannya sering meriang. Namun kondisi serupa sudah dirasakan ketika berada di Alor.

"Di Alor juga saya sering kelelahan dan bermasalah dengan asam lambung, meriang dan badan sakit," ujarnya.

Akibat pandemi covid-19, kegiatan persiapan studi diubah menjadi sistem daring. Dia pun memutuskan kembali ke Kupang, namun sempat mampir di Denpasar pada 18 Maret. Selanjutnya, El kembali ke Kupang pada 22 Maret dalam kondisi sehat.

Baca juga: Presiden: ASN, TNI, Polri dan Pegawai BUMN Dilarang Mudik

Mengingat baru pulang dari zona merah, El pun melakukan isolasi mandiri di rumah. Pada 27 Maret, dia datang ke RS WZ Johannes untuk memeriksakan diri lantaran beberapa temannya positif covid-19 selama di Jakarta. "Saya diambil darah dan tes swab, dikasih obat dan  diperbolehkan pulang," tukasnya.

Menurut El, hasil tes swab seharusnya sudah diketahui pada 4 April. Namun, baru disampaikan pada 9 April. Sejak di Jakarta, Denpasar dan kembali di Kupang, El mengaku tidak melakukan kontak dengan siapapun. Dia mengaku tetap menjaga jarak, mencuci tangan dengan hand sanitizer dan sabun, serta mengenakan masker.

"Istri saya di rumah dalam keadaan sehat walafiat," imbuhnya. El juga meminta masyarakat, teman-teman dan keluarga tidak mempersoalkan kondisi kesehatannya. "Jangan tanya kondisi saya. Saya baik-baik saja. Berikan kata-kata yang memotivasi saya untuk bisa sembuh," tutup dia.(OL-11)

Baca Juga

Antara

Bantah Walhi, Polisi: Banjir Luwu Utara bukan karena Pembalakan

👤Lina Herlina 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 16:27 WIB
Menurut polisi, banjir bandang yang terjadi di Luwu Utara dan mengakibatkan enam kecamatan terdampak terjadi akibat faktor...
Dok MI

Remaja Diduga Keracunan Miras Ditemukan Tewas di Trotoar

👤Kristiadi 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 16:10 WIB
MAYAT remaja pria bercelana Sekolah Dasar (SD) ditemukan tergeletak di atas trotoar dekat terminal tipe A jalan Ibrahim Adji, Kecamatan...
AFP/	MLADEN ANTONOV

Ada 801 Subjek, Unpad Mulai Uji Coba Vaksin Covid-19

👤Bayu Anggoro 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 16:05 WIB
Ketua tim uji coba fase III vaksin covid-19 Unpad, Kusnandi Rusmil, akan segera memulai uji coba sembari menunggu calon subjek berikutnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya