Kamis 09 April 2020, 21:27 WIB

Setiap Hari 500 WNI Pulang dari Malaysia

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Setiap Hari 500 WNI Pulang dari Malaysia

Antara
WNI pulang dari Malaysia

 

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan ada sekitar 500-700 warga negara Indonesia (WNI) yang tiba di Tanah Air dari Malaysia setiap hari imbas dari kebijakan lockdown atau Movement Control Order (MCO).

Retno mengatakan rekan sejabatnya dari Malaysia terus menerus melakukan komunikasi dengannya.

Menurutnya, pemerintah terus melakukan pemantauan kepulangan WNI untuk memastikan mereka aman dan terlayani. Umumnya mereka menggunakan empat pelabuhan di Malaysia yaitu Pelabuhan Stulang Laut, Puteri Harbour, Pasir Gudang, dan Kukup dengan tujuan pelabuhan Batam dan Tanjung Balai Karimun.

“Tim kita di Johor Bahru setiap pagi, setiap hari, memantau kepulangan WNI guna memastikan mereka aman dan mereka terlayani,” ujar Retno dalam konferensi virtual dengan media, Kamis (9/4).

Disebutkan, per hari kemarin, jumlah WNI yang kembali dari empat pelabuhan tersebut (mulai 18 Maret) adalah 40.429 orang.

Kepulangan WNI melalui dara yaitu masuk ke pintu Entikong, Badau, dan Aruk juga menunjukkan angka yang hampir sama yaitu di kisaran 200-an orang.Total yang kembali via darat sejak 18 Maret adalah 6.572.

Guna membantu WNI yang paling terdampak selama masa berlakunya MCO, perwakilan RI dan bekerja sama dengan organisasi masyarakat Indonesia di Malaysi telah membantu dan membagikan sembako.

Per Rabu (8/4), perwakilan telah membagikan sembako kepada 30.120 penerima. Sementara organisasi masyarakat juga telah membagikan lebih dari 25.000. Sehingga jumlah sembako yang telah dibagikan sekitar 55.660.

“Saya apresiasi kepada seluruh masyarakat Indonesia di Malaysi yang terus memberikan kerja sama memberikan bantuan kepada WNI kita yang sangat memerlukan bantuan. Bantuan ini masih akan dilanjutka, sekali lagi bagi WNI yang paling terdampak selama masa MCO,” pungkasnya.. (OL-2)

 

Baca Juga

AFP/Dave Chan

Kanada Tolak Undang Rusia dalam KTT G7

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:15 WIB
Rusia dikeluarkan dari G7 setelah menginvasi Crimea beberapa tahun yang...
AFP/Roslan Rahman

Sekolah Kembali Dibuka di Singapura,Tiap Murid Wajib Periksa Suhu

👤Deri Dahuri 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:12 WIB
Kini kasus Covid-19 di ‘Negeri Singa’ itu tercatat lebih dari 35 ribu kasus. Namun negara yang berada di kawasan Asia Tenggara...
AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV

Rusia Perlonggar Lockdown Meski Ada 9.000 Kasus Covid-19 Sehari

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Selasa 02 Juni 2020, 14:05 WIB
Penduduk Moskow antusias berolahraga, berjalan-jalan, dan berbelanja pada Senin (1/6), ketika kota itu memperlonggar lockdown yang ketat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya