Kamis 09 April 2020, 21:20 WIB

Rumkitlap Artha Graha Peduli Direkomendasikan Tangani Covid-19

mediaindonesia.com | Megapolitan
Rumkitlap Artha Graha Peduli Direkomendasikan Tangani Covid-19

Istimewa
Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko menyerahkan surat rekomendasi Rumkitlap AGP kepada Pendiri Artha Graha Peduli Tomy Winata

 

WALI Kota Kota Administrasi Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko AP, MSi, menyerahkan surat rekomendasi bahwa Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) Yayasan Artha Graha Peduli (AGP) memenuhi kriteria sebagai rumah sakit lapangan (Rumkitlap). Kehadiran Rumkitlap ini sangat diharapkan untuk membantu penanganan pasien terduga Covid-19 di Jakarta yang sudah menjadi episentrum pandemi Covid-19.

“Setelah kami menilai, Rumkitlap AGP ini layak menjadi RS penanganan terduga Covid-19. Rumkitlap ini layak dari aspek  keamanan, askes, infrastruktur, dan sistem komunikasi  dengan tetap memperhatikan tata laksana rumah sakit lapangan sesuai ketentuan yang mengaturnya,” ungkap Sigit Wijatmoko, Kamis  (9/4) di Rumkitlap AGP  Jalan Pasir Putih Raya Ancol Timur Kecamatan Pademangan Jakarta utara. 

Sigit sangat menghargai pendiri AGP Tomy Winata yang dengan dedikasinya telah membangun rumkitlap ini untuk misi kemanusiaan. Sigit menyatakan keberadaan Rumkitlap AGP sangat membantu Pemerintahan Jakarta dalam menangani pasien terduga korona.

Untuk itu, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara memberikan dukungan penuh dengan memberikan rekomendasi bahwa  Rumkitlap AGP ini sebagai tempat melakukan rapid test dan penanganan bagi terduga Covid-19.

Pemerintahan Jakarta Utara mendukung rencana Yayasan AGP dan seluruh timnya serta akan memfasilitasi dan mengkomunikasikan segala kegiatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya khususnya di Jakarta Utara yang terdampak pandemi covid-19. 

“Kami memberikan surat tugas kepada kepada enam pembina dan pengawas, delapan dokter spesialis, 15 dokter umum dan dokter gigi, 34 perawat, apoteker dan analis, serta 113 relawan untuk bertugas di Rumkitlap AGP selama masa tanggap darurat Covid-9,” ujar Sigit.
  
Juru bicara AGP, Hanna Lilies Puspawati, mengucapkan terima kasih kepada Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko AP, MSi, yang telah memberikan rekomendasi kepada Rumkitlap serta menyerahkan paramedis mendukung  operasional rumkitlap ini.

Sebagai lembaga yang bergerak pada misi kemanusiaan, menurut Hanna, pihaknya berkewajiban untuk hadir membantu Ibu Pertiwi dalam bencana alam dan bencana nonalam seperti wabah Covid-19. “AGP akan terus berbuat untuk misi kemanusiaan untuk anak bangsa ini,” kata Hanna.

Penyerahan surat rekomendasi kepada Rumkitlap AGP dihadiri oleh Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara, dr. Yudi Dimiyati, Danrem 052/Wijayakrama Kolonel Inf. Tri Budi Utomo, Kombes Budhi Herdi Susianto Kapolres Jakarta Utara, Dandim Jakarta Utara Kolonel Kav. Tri Handaka SH, dan lain-lain.

Rumkitlap AGP ini didukung Yayasan Budha Tzu Chi, Sinarmas, Indofood, Central Omega Resources, PT. Refined Bangka Tin, Samora Group dan Tambang Damai dengan harapan dapat menggugah hati dari para stakeholder dan pengusaha lain untuk ikut berpartisipasi memberikan kontribusi terhadap negara yang sedang menghadapi wabah Covid-19 dengan membuat Rumkitlap di wilayah lain.

Dengan demikian, masyarakat tidak perlu pergi jauh-jauh untuk tes kalau RS rujukan penuh. AGP juga memberikan bantuan sembako kepada warga yang kurang beruntung di berbagai daerah di Jakarta akibat dampak Covid-19. (OL-09)

 

Baca Juga

Antara/Nova Wahyudi

Ada PSBL, RW Akan Diawasi Ketat Selama 14 Hari

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:21 WIB
Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL) menyasar RW yang berstatus zona merah. Nantinya, warga di wilayah tersebut akan...
MI/Susanto

Rehab Dwi Sasono Tunggu Keputusan BNN

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:55 WIB
Aktor Dwi Sasono, 40, mengajukan rehabilitasi setelah polisi menangkapnya karena kasus penyalahgunaan narkoba. Namun, polisi masih menunggu...
Ilustrasi

DKI Belum Putuskan Buka Tempat Ibadah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:05 WIB
Pemprov DKI Jakarta sampai hari ini belum memutuskan untuk membuka tempat ibadah, karena masih menunggu keputusan evaluasi pembatasan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya