Kamis 09 April 2020, 21:15 WIB

Organda DKI Minta Pembebasan Pajak Kendaraan Umum Selama Covid-19

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Organda DKI Minta Pembebasan Pajak Kendaraan Umum Selama Covid-19

MI/ANDRI WIDIYANTO
Angkutan umum sepi penumpang selama wabah covid-19

 

ORGANISASI Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta meminta Gubernur Anies Baswedan meniadakan pajak kendaraan umum atau Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), imbas pandemi Covid-19.

"Kami minta ada pembebasan Biaya BBN-KB dan PKB itu baik pokok maupun tunggakan selama setahun kedepan," ungkap Ketua Organda DKI, Shafruhan Sinungan dalam keterangan resminya, Jakarta, Kamis (9/4).

Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta, sebutnya, berdampak terpuruknya penghasilan industri angkutan umum.

Sebelum diberlakukan PSBB, Shafruhan menyenut pihaknya mengalami penurunan omzet sebesar 75-100%. Bahkan, untuk moda angkutan pariwisata juga menurun 100%.

"Semua moda angkutan umum sudah tidak mampu lagi mempertahankan kelangsungan hidup usahanya sehingga tenaga kerja di sektor transportasi terancam di PHK," kata Shafruhan.

Selain itu, Organda DKI juga meminta adanya insentif dengan memberikan bantuan dana langsung (BLT) kepada pekerja, baik ke pengemudi, mekanik dan staf.

Lalu meminta adanya pembebasan semua retribusi daerah yang dikenakan untuk angkutan umum. Operator angkutan yang sudah berkontrak dengan Transjakarta, juga tetap dibayar penuh baik operatornya maupun pengemudinya atau sesuai kontrak.

"Kami harap Pemerintah Daerah DKI Jakarta bisa merealisasikan permintaan tersebut," tandas Shafruhan.(OL-4)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Inilah Tiga Tahapan Operasional KRL Menuju New Normal

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:25 WIB
Di tahap pertama ini akan ada dengan jam operasi mulai pukul 04.00 hingga 18.00 WIB. Jumlah penumpang pun dibatasai menjadi 80 orang per...
Antara/Nova Wahyudi

Ada PSBL, RW Akan Diawasi Ketat Selama 14 Hari

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:21 WIB
Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL) menyasar RW yang berstatus zona merah. Nantinya, warga di wilayah tersebut akan...
MI/Susanto

Rehab Dwi Sasono Tunggu Keputusan BNN

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:55 WIB
Aktor Dwi Sasono, 40, mengajukan rehabilitasi setelah polisi menangkapnya karena kasus penyalahgunaan narkoba. Namun, polisi masih menunggu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya