Kamis 09 April 2020, 21:15 WIB

Peneliti : BLT Di Tengah Wabah Sudah Tepat

M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Peneliti :  BLT Di Tengah Wabah Sudah Tepat

Antara/Muhamad Nasrun
Ratusan warga miskin antre untuk menerima dana Bantuan Langsung Tunai (BLt) saat pelaksanaan kebijakan itu 2009.

 


The Smeru Research Institute menilai kebijakan pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk menghadapi virus korona sudah tepat.

Peneliti The Smeru Research Institute, Hastuti, mengatakan perlindungan sosial dalam Perppu tersebut sudah baik tetapi upaya harus cepat segera dan tepat sehingga dampak bisa diminaliisr dan mekanisme harus mudah.

"Terhadap bantuan ini kita apresiasi langkah pemerintah yang konperhensif terhadap sosial ekonomi masyarakat karena meningkatkan konsumsi rumah tangga," kata Hastuti saat diskusi dengan tema 'Ancaman krisis ekonomi ditengah pandemi Covid-19' melalui telekonferensi, Kamis (9/4).

Keunggulan bantuan langsung tunai (BLT) akan sangat dirasakan oleh masyarakat karena  efek yang dirasakan secara langsung.

"Keunggulannya bagi penerima memberikan beban sesuai dengan keperluan. Kemudian studi kami kepuasan yang lebih tinggi daripada bantuan lainnya seperti beras atau sembako," ujar Hastuti.

Selain itu bantuan umumnya kebutuhan rumah tangga BLT langsung diterima oleh rumah tangga dan langsung tepat sasaran sehingga mengurangi pemotongan ditengah jalan.

"Pelaksanaan bantuan melalui kantor pos rumah tangga mengurangi rentan kendali dan langsung kesasaran sehingga mengurangi korupsi di tengah jalan," jelasnya.

Namun, pemerintah juga harus menyediakan info yang memadai dan komunikasi publik yang sampai kepada masyarakat menengah ke bawah.

"Harus ada komunikasi publik yang baik dan harus ada upaya meminlmalisir ditengah jalan. Sehingga perlu adanya layanan keluhan masyarakat," tuturnya. (E-1)

Baca Juga

Antara

Pemerintah Pantau Data Covid-19 untuk Tentukan New Normal

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:26 WIB
Pemerintah tengah memantau data dan fakta di lapangan mengenai kasus penyebaran covid-19 ini guna menentukan waktu yang tepat untuk...
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

BPS: 51,36 Juta Orang Berpartisipasi dalam Sensus Daring

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 02 Juni 2020, 14:40 WIB
Sebanyak 51,36 juta orang atau 19,05% dari total 270 juta masyarakat Indonesia telah berpartisipasi dalam sensus penduduk...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Ekspor Non Migas Meningkat Meningkat di Tengah Pendemik Covid-19

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 02 Juni 2020, 14:17 WIB
Tujuan ekspor non migas Indonesia periode Januari-April 2020 sendiri tiga negara yakni Tiongkok sebanyak 16 persen, Amerika Serikat 11.9...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya