Kamis 09 April 2020, 20:45 WIB

Pemerintah Geser Cuti Bersama Untuk Tangkal Penyebaran Covid-19

Syarief Oebaidillah | Humaniora
 Pemerintah Geser Cuti Bersama Untuk Tangkal Penyebaran Covid-19

Ilustrasi
Ilustrasi hari libur dan cuti bersama

 

PEMERINTAH melakukan revisi hari libur dan cuti beraama 2020 sebagai bagian dari upaya untuk percepatan penanganan virus korona covid-19.

Keputusan itu diambil dalam Rapat Koordinasi Tingkat Meneri (RTM) yang dipimpin Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaam Muhadjir Effendy, Kamis (9/4)

Keputusan itu sekaligus mengubah Keputusam Bersama Memeri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Meneri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang sebelumnya memgatur soal hari libur dan cuti bersama.

"Kebijakan ini menindaklanjuti arahan Presiden dalam Ratas Antisipasi Mudik Lebaran pada tanggal 2 April 2020 terkait Himbauan Tidak Mudik dan Penggantian Libur Lebaran tahun 2020," kata Muhadjir

Baca juga : IDEAS Prediksi Ledakan Covid-19 Jelang Ramadan dan Idul Fitri

Adapun ketentuan revisi dan cuti bersama itu meliputi tambahan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28 Oktober, dan pergeseran cuti bersama Hari Raya Idul Fitri yang sebelumnya pada 26-29 Mei menjadi 28-31 Desember 2020.

"Pergeseran cuti bersama di akhir tahun dilakukan dengan pertimbangan Covid 19 Insya Allah telah tertangani dengan baik. Selain itu akhir tahun anak-anak libur sekolah. Keluarga juga punya waktu cukup untuk merencanakan liburannya, " ujar Muhadjir.

Di sisi lain, Muhadjir juga mengimbau masyarakat tidak melakukan mudik untuk memperkecil penyebaran covid-19.

RTM yang dipimpin Muhadjir dan dilakukan secara virtual itu diikuti Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menaker Ida Fauziah, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, Menag Fachrur Razi, Menparekraf Wishnutama, dan Kapolri Jenderal Idham Aziz. (OL-7)

Baca Juga

Ist/Dok.MI

Ikatan Pesantren Indonesia Tunggu Protokol Kesehatan Normal Baru

👤Antara 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 12:10 WIB
Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan pemerintah sedang mengkaji untuk kembali membuka pesantren secara...
MI/Dwi Apriani

Sebanyak 63 Ribu Desa Telah Terima BLT

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 12:00 WIB
"Jumlah ini artinya sudah 85% dari total 74.953...
ANTARA/Asep Fathulrahman

PJJ Berlanjut, Pemerintah Diminta Permudah Akses Belajar Siswa

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 11:53 WIB
Ketika PJJ diperpanjang, harus disiapkan pula infrastruktur pendukung dan peningkatan kemampuan para guru dalam pelaksanaan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya