Kamis 09 April 2020, 16:45 WIB

Banjir di Sampang Landa Tiga Kelurahan dan Dua Desa

Mohammad Ghazi | Nusantara
Banjir di Sampang Landa Tiga Kelurahan dan Dua Desa

Antara
Anak-anak tengag bermain air saat banjir di Sampang, Madura, Jawa Timur akibat luapan Sungai Kemuning.

 

TIGA kelurahan dan dua desa di Kecamatan Kota Kabupaten Sampang, Jawa Timur, tergenang banjir. Banjir berasal dari luapan Kali Kemuning akibat hujan lebat di kawasan hulu.

Tiga kelurahan dan dua desa yang tergenang itu antara lain Kelurahan Dalpenang, Kelurahan Rongtengah dan sebagian wilayah Kelurahan Gunung Sekar, serta Desa Pasean dan Gunung Madah.

Menurut warga, air Kali Kemuning mulai meluap sejak Kamis (9/4) dini hari. Selain menggenangi kawasan permukiman dan persawahan, air juga menggenangi ruas jalan utama di jantung kota.

"Sejak dini hari air sudah mulai meluap dan menggenangi jalan utama, terutama di persimpangan Jalan Imam Bonjol," kata Ali Shanhaji, warga Kelurahan Rongtengah.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, Mohammad Imam, mengatakan luapan air Kali Kemuning terjadi akibat hujan deras di Kecamatan Robatal dan Kedundung yang menjadi hulu sungai.

"Sejauh ini genangan tidak terlalu tinggi, namun kami terus memantau perkembangannya," kata Imam.

Berdasar pengamatan di wilayah hulu, diperkirakan genangan tidak akan meninggi dan banjir tidak akan berlangsung lama. Kecuali jika kembali turun hujan di wilayah hulu dan bersamaan dengan pasangnya air laut.

"Kami berharap tidak kembali turun hujan di tiga kecamatan yang menjadi hulu Kali Kemuning, yakni Kedundung Robatal dan Omben," kata Imam. (OL-13)

 

Baca Juga

123rf.com

Saksi Pembunuhan Ungkap Disiksa di Sel Polsek, Polda Turun Tangan

👤Henri Siagian 🕔Kamis 09 Juli 2020, 15:53 WIB
Seorang buruh bangunan bernama Sarpan, 57, mengaku menjadi korban penyiksaan saat berada di sel tahanan Polsek Percut Sei Tuan, Polrestabes...
ANTARA/Adiwinata Solihin

Harga Beras Anjlok, Petani Sigi Rugi

👤M Taufan SP Bustan 🕔Kamis 09 Juli 2020, 15:45 WIB
Beras dengan berat Rp50 kilogram hanya dihargai Rp350 ribu oleh pembeli yang datang langsung ke...
MI/Lina Herlina

KPU Makassar dapat Tambahan Anggaran Rp6,2 M

👤Lina Herlina 🕔Kamis 09 Juli 2020, 15:45 WIB
KPU dan Pemerintah Kota Makassar menandatangani addendum baru Nota Perjanjian Hiba Daerah (NPHD) untuk Pilkada Kota Makassar 2020 dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya