Kamis 09 April 2020, 16:35 WIB

Presiden: ASN, TNI, Polri dan Pegawai BUMN Dilarang Mudik

Andhika Prasetyo | Humaniora
Presiden: ASN, TNI, Polri dan Pegawai BUMN Dilarang Mudik

Dok. Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers secara virtual.

 

PEMERINTAH dengan tegas melarang aparatur sipil negara (ASN), anggota TNI dan Polri, serta pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), untuk pulang kampung pada masa pandemi virus korona (covid-19).

Larangan tersebut dikeluarkan demi mencegah laju penyebaran virus korona di berbagai daerah. "Tadi sudah kita putuskan bahwa untuk ASN, TNI, Polri serta pegawai BUMN dilarang mudik," tegas Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers, Kamis (9/4).

Baca juga: Warga Jakarta yang Tidak Mudik Lebaran Akan Dapat Kompensasi

Untuk masyarakat umum, lanjut dia, pemerintah masih melakukan kajian lebih lanjut terkait larangan mudik. Keputusan final baru akan disampaikan beberapa waktu ke depan, setelah evaluasi dari penelitian di lapangan rampung.

Jokowi, sapaan akrabnya, menjelaskan saat ini masyarakat yang mudik terbagi dalam dua kelompok. Adapun kelompok pertama ialah yang meninggalkan Ibu Kota karena kehilangan pekerjaan atau pendapatan, akibat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sementara itu, kelompok kedua adalah yang pulang kampung karena tradisi.

Untuk kelompok pertama, pemerintah dikatakannya bisa mencegah dengan memberikan bantuan sosial, berupa sembako dan uang tunai. Dengan bantuan tersebut pemerintah berharap kelompok tersebut tidak pulang ke kampung halaman.

Baca juga: ASN Dilarang Ajukan Cuti Selama Masa Darurat Pandemi Covid-19

Adapun untuk kelompok kedua, pemerintah bisa mengurangi jumlah pemudik dengan membatasi armada angkutan umum. Kapasitas penumpang di kendaraan pribadi juga sangat berpotensi untuk dipangkas.

"Kita akan melihat lebih detil di lapangan. Kita akan evaluasi hal-hal yang ada di lapangan. Tetapi sekali lagi, pemerintah menganjurkan untuk tidak mudik," tandas Jokowi.(OL-11)

Baca Juga

Dok Pribadi

Menjadikan Berkebun Sebuah Norma Bukan Tren

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 24 September 2020, 21:17 WIB
Menurut Sandra, ketika seseorang sudah mencoba untuk berkebun dan merasakan prosesnya maka makna dari berkebun itu sendiri akan...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Begini Prosedur OTG Covid-19 diisolasi di RS Wisma Atlet

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 24 September 2020, 20:35 WIB
"Ada asesmen. Kalau memang rumahnya tidak memenuhi untuk isolasi mandiri, puskesmas akan mendaftarkannya melalui aplikasi agar...
MI/Dwi Apriani

Pusri Pastikan Stok Pupuk Bersubsidi Aman Jelang Musim Tanam

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 24 September 2020, 20:28 WIB
Menghadapi musim tanam, per 22 September 2020, Pusri telah menyiapkan stok pupuk bersubsidi sebesar 201.557,61 ton untuk urea dan 10.182,10...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya