Kamis 09 April 2020, 15:30 WIB

Tingkat Infeksi Covid-19 Italia Melambat

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Tingkat Infeksi Covid-19 Italia Melambat

AFP/ANDREAS SOLARO
Masyarakat bertepuk tangan sebagai bagian dari flash mob 'Un applauso per l'Italia' di distrik Garbatella, Roma pada (14/3)

 

Tingkat infeksi virus korona baru (covid-19) di Italia tercatat melambat. Angka terbaru menunjukkan kasus positif meningkat dari hari sebelumnya sedikit di atas 1%. Sementara dua minggu lalu, kenaikannya sebesar 7%.

Korban tewas juga menunjukkan tanda-tanda menurun. Dua minggu lalu 919 orang dan dalam 24 jam terakhir sudah turun menjadi 542 kematian dalam 24 jam.

Namun, Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte memperingatkan Italia untuk tidak menurunkan kewaspadaannya. Cobte juga mengatakan penguncian wilayah (lockdown) nasional yang diberlakukan sejak 9 Maret hanya akan dikurangi secara bertahap.

"Kita perlu memilih sektor-sektor yang dapat memulai kembali aktivitas mereka. Jika para ilmuwan mengonfirmasi hal itu, kita mungkin akan mulai melonggarkan beberapa langkah pada akhir bulan ini," ujarnya.

Baca juga: Angka Kematian Akibat Covid-19 di Italia Naik Lagi

Conte telah menuai pujian atas respons pemerintahnya terhadap krisis. Sebuah jajak pendapat baru-baru ini yang dilakukan oleh Demos menunjukkan kepopuleran untuknya melonjak dari 46% menjadi 71%.

Tetapi para kritikus berpendapat pembatasan yang diumumkan dalam beberapa hari pertama berjalan lambat dan sedikit demi sedikit.

Conte disebut-sebut, awalnya menolak desakan politisi di Lombardy, wilayah utara yang paling parah dilanda wabah, untuk menerapkan langkah-langkah yang lebih ketat.

Ketika sebuah delegasi dari Palang Merah Tiongkok datang ke Milan pada pertengahan Maret, mereka mengkritik apa yang mereka lihat sebagai kelemahan Italia. Namun, perdana menteri membela tindakan pemerintahnya. (BBC/OL-14)

Baca Juga

AFP/Christopher Black

WHO Lanjutkan Uji Coba Hidroksiklorokuin untuk Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Kamis 04 Juni 2020, 07:30 WIB
Lebih dari 3.500 pasien telah direkrut di 35 negara untuk mengambil bagian dalam uji coba...
AFP/GETTY IMAGES/MARIO TAMA

Warga Houston Kenang George Floyd

👤AFP/Nur/X-11 🕔Kamis 04 Juni 2020, 05:26 WIB
Tidak ada WNI yang terdampak demonstrasi yang terjadi di AS terkait dengan kematian George...
AFP

Thai Airways Restrukturisasi lewat Pengadilan

👤MI 🕔Kamis 04 Juni 2020, 01:40 WIB
MASKAPAI penerbangan Thai Airways International selangkah lebih dekat untuk melakukan restrukturisasi melalui pengadilan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya