Kamis 09 April 2020, 14:05 WIB

Ini Loh Penggunaan Masker yang Sesuai Anjuran WHO

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Ini Loh Penggunaan Masker yang Sesuai Anjuran WHO

Antara
Penggunaan masker saat ini diwajibkan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

 

PEMAKAIAN masker saat wabah Covid-19 bukan hanya untuk orang yang sakit. Namun, orang sehat dan melakukan aktivitas di luar rumah harus memakai masker. Penggunaan masker pun harus disesuaikan dengan anjuran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) demi mencegah penyebaran Virus Covid-19.

Penegasan ini disampaikan Ditjen Yankes Ketua Aliansi Telemedis Indonesia, Bambang Wibowo, dalam konferensi pers secara daring di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (9/4). Ada beragam jenis masker, yakni masker N95, masker kain dan masker bedah. Semuanya memiliki penggunaan yang berbeda.

"Untuk masker kain, tidak dianjurkan untuk petugas kesehatan, tetapi untuk masyarakat masker kain bisa digunakan karena akan lebih baik menggunakan masker kain daripada tidak menggunakan sama sekali," kata Bambang.

Sementara, masker bedah sangat efektif untuk memblokir percikan atau droplet dan tetesan dalam partikel besar, sedangkan masker N95 mampu menyaring hampir 95 persen partikel yang lebih kecil dari 0,3 mikron, dan dapat menurunkan paparan terhadap kontaminasi melalui airbone.

"WHO merekomendasikan tenaga kesehatan menggunakan masker bedah, tetapi pada kasus-kasus tertentu, pada tindakan-tindakan tertentu, menganjurkan untuk menggunakan masker N95," sebut Bambang.

Beberapa jenis APD, antara lain masker, termasuk masker N95, masker bedah dan masker kain, pelindung wajah, pelindung mata, gaun, celemek atau apron, sarung tangan, pelindung kepala dan sepatu pelindung.

"Terkait dengan gaun, WHO dan CDC sampai saat ini tidak mempersyaratkan cover all tapi apabila fasilitas kesehatan menyediakan sebagai alternatif itu bisa digunakan, dan dalam situasi wabah Covid-19 di Indonesia dengan laju peningkatan kasus positif yang cepat maka penggunaan cover all dapat memperluas area perlindungan diri bagi petugas," paparnya.

Bambang kembali mengingatkan agar selalu melakukan cuci tangan, menggunakan alat pelindung diri yang tepat guna, jaga jarak, dan melakuakn aktivitas di rumah dengan produktif.

"Saya mengingatkan kepada Bapak Ibu semuanya pertama agar selalu melakukan cuci tangan dan untuk petugas kesehatan selagi cuci tangan 5 momen," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Kejagung Masih Teliti Berkas Kasus Korupsi Banjir Manado

Baca Juga:Heboh Pasien Covid-19 Dipulangkan, RS: Saturasi Oksigen Normal

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Regina Safri

Anggito Bantah Pembatalan Haji Untuk Perkuat Rupiah

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 04 Juni 2020, 06:58 WIB
Anggito  menepis anggapan bahwa pernyataan skema penguatan rupiah dengan dana haji merupakan alasan pemerintah membatalkan...
ist

Badan POM Bagi Resep Pangan Aman

👤 (Fer/Ata/H-1) 🕔Kamis 04 Juni 2020, 06:30 WIB
BADAN Pengawas Obat dan Makanan (POM) mengharapkan masyarakat dapat memahami pangan yang aman, bagaimana cara penyajiannya, distribusi,...
MI/Adam Dwi

Jemaah Ikhlas Menunggu Satu Tahun

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 04 Juni 2020, 05:16 WIB
Para jemaah haji dapat menarik kembali dana yang sudah disetorkan. Namun, jika ingin kembali berangkat ke Tanah Suci, mereka wajib...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya