Kamis 09 April 2020, 13:20 WIB

Kemenhub Siapkan Panduan Teknis bagi yang Nekat Mudik

Fachri Audhia Hafiez | Ekonomi
Kemenhub Siapkan Panduan Teknis bagi yang Nekat Mudik

MI/SUSANTO
Calon penumpang menunggu bus keberangkatan ke beberapa daerah di Timur Jawa di terminal bayangan Lebak Bulus, Jakarta, Minggu (29/3).

 

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) tengah memfinalisasi panduan bagi masyarakat yang nekat mudik. Pasalnya, diprediksi masih ada yang melakukan perjalanan ke kampung halaman, meski pemerintah telah mengimbau untuk tidak mudik di tengah pandemi virus korona (Covid-19).

"Kami tengah membuat panduan atau petunjuk teknis mudik 2020, yang harus diperhatikan dan wajib diikuti oleh masyarakat yang akan melakukan perjalanan keluar dari suatu daerah," kata juru bicara Kemenhub Adita Irawati, Kamis (9/4).

Baca juga: Stok Pangan di Flores Timur Aman 

Adita menjelaskan, panduan itu pada pokoknya akan mengatur ketentuan bagi pemudik saat perjalanan. Mulai pendataan pemudik, persyaratan mudik, konsekuensi, hingga ketentuan saat tiba di tempat tujuan.

"Ketika dalam perjalanan syarat apa yang harus dipenuhi, ketika sampai tujuan mereka harus apa. Itu ada semua," ujar Adita.

Panduan tersebut nantinya juga termaktub dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) mengenai aturan pelaksanaan mudik Lebaran 2020. Kini aturan tersebut masih digodok.

"Setelah disetujui kita melakukan sosialisasi. Sehingga masyarakat juga sudah memahami, kalau mereka mau mudik apa yang harus akan dipenuhi ketentuannya," ucap Adita.

Selain pedoman dan petunjuk teknis pengendalian mudik tahun 2020, Permenhub tersebut juga akan memuat aturan pengendalian transportasi dalam rangka pencegahan penyebaran virus korona. Kemudian pengendalian kegiatan transportasi pada daerah yang ditetapkan sebagai pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Permenhub mengacu Peraturan Pemerintah Nomor 21 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar. (Medcom.id/OL-6)

Baca Juga

MI/Supardji Rasban

Cegah Penduduk Miskin Bertambah, Ekonomi Harus Berputar Kembali

👤M Ilham Ramadhan 🕔Kamis 04 Juni 2020, 08:05 WIB
Satu-satunya jalan terbaik yang dapat dilakukan hanyalah kembali menggerakkan aktivitas manusia agar perekonomian...
Antara/Aprilio Akbar

BI Beri Bunga 1,5% untuk Penempatan GWM Perbankan

👤Antara 🕔Kamis 04 Juni 2020, 07:00 WIB
Pemberian bunga jasa kepada bank itu sebagai bentuk berbagi beban atau sharing the pain kepada pelaku ekonomi lainnya di tengah situasi...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Kepercayaan Investor makin Kukuh

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 04 Juni 2020, 06:20 WIB
Rupiah bergerak menguat mendekati level 14.000 per US$ dan indeks harga saham gabungan (IHSG) menuju level psikologis...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya