Kamis 09 April 2020, 13:04 WIB

Bulog Siapkan Cadangan Beras Tahun Ini 950 Ribu Ton

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Bulog Siapkan Cadangan Beras Tahun Ini 950 Ribu Ton

Antara
Pekerja memikul beras di Gudang Bulog Sub Drive Serang, Banten, Jumat (3/4/2020)

 

PERUM Bulog merencanakan pengadaan penyerapan cadangan beras pemerintah (CBP) tahun ini mencapai sebesar 950 ribu ton.

Dirut Perum Bulog, Budi Waseso, mengatakan target pengadaan tersebut ditujukan untuk menjaga agar stok CBP tetap berada dalam rentang 1-1,5 juta ton beras.

"Mengawali tahun 2020, stok CBP yang dikelola Perum Bulog mencapai sebesar 1,88 juta ton, dengan total kebutuhan penyaluran sebanyak 1,62 juta ton," kata Budi saat rapat dengan Komisi IV DPR RI melalui telekonferensi, Kamis (9/4).

Total kebutuhan penyaluran terdiri atas penyaluran program ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga atau sebelumnya dikenal dengan operasi pasar yang mencapai 1,2 juta ton.

Sementara untuk kebutuhan akibat bencana alam sebanyak 15 ribu ton, golongan anggaran sebesar 100 ribu ton serta program BPNT khusus sebesar 300 ribu ton beras.

Penyediaan pasokan beras menjadi sangat vital mengingat tahun ini dunia sedang dihadapkan dengan wabah yang mematikan yaitu virus korona yang juga menyebar di dalam negeri.

"Menyadari pentingnya pencapaian ketahanan pangan sebagai pilar pembangunan sektor lainnya, kebijakan pemerintah secara sektoral dalam ketahanan pangan sampai saat ini tidak bisa dilepas dari kebijakan perberasan," ujar Buwas, sapaan akrabnya.

Penugasan pemerintah terkait pengelolaan komoditas beras oleh Perum Bulog meliputi hulu hingga hilir yaitu penyerapan gabah dari beras dari petani, penyimpanan dan perawatan stok beras, pemerataan stok beras di Indonesia.

"Hingga penyaluran stok cadangan beras pemerintah yang didistribusikan melalui program ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga," pungkas Buwas. (E-3)

Baca Juga

DOK BRI

Website Pasar Bank BRI, Topang Penjualan Pasar Tradisional

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 04 Juni 2020, 09:55 WIB
Pasar yang menampung lebih dari 1.200 pedagang aktif ini menawarkan berbagai macam barang kebutuhan seperti sembako, pakaian, sayur,...
MI/Supardji Rasban

Cegah Penduduk Miskin Bertambah, Ekonomi Harus Berputar Kembali

👤M Ilham Ramadhan 🕔Kamis 04 Juni 2020, 08:05 WIB
Satu-satunya jalan terbaik yang dapat dilakukan hanyalah kembali menggerakkan aktivitas manusia agar perekonomian...
Antara/Aprilio Akbar

BI Beri Bunga 1,5% untuk Penempatan GWM Perbankan

👤Antara 🕔Kamis 04 Juni 2020, 07:00 WIB
Pemberian bunga jasa kepada bank itu sebagai bentuk berbagi beban atau sharing the pain kepada pelaku ekonomi lainnya di tengah situasi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya