Kamis 09 April 2020, 13:00 WIB

Bulog Jamin Stok Bahan Pokok di Bulan Puasa Aman

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Bulog Jamin Stok Bahan Pokok di Bulan Puasa Aman

Antara
Pekerja memeriksa kualitas beras di Gudang Perum Bulog Sub Divre Pekalongan, Desa Munjung Agung, Tegal, Jawa Tengah, Selasa (7/4/2020).

 

PERUSAHAAN Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) menjamin ketersediaan bahan pokok seperti beras serta bahan lainnya untuk menghadapi wabah virus korona (covid-19) dan menjelang bulan puasa atau lebaran pada Mei nanti.

Dirut Perum Bulog, Budi Waseso, mengatakan ketersediaan pangan menghadapi pandemi covid-19 posisi stok beras masih sangat mencukupi.

"Stok beras yaitu 1.441.936 ton per 9 april 2020, yang terdiri atas stok cadangan beras pemerintah (CBP) mencapai 1,39 juta ton dan stok beras komersial 53.000 ton," kata Budi saat dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi IV DPR RI melalui telekonferensi, Kamis (9/4).

Selain beras stok bahan lainnya seperti gula, daging, minyak, dan tepung terigu masih dikebut pengadaannya untuk memenuhi kebutuhan selama tiga bulan ke depan.

"Posisi stok gula yang ada di Perum Bulog mencapai 5.068 ton dan terus akan dilakukan pengadaan guna mencukupi kebutuhan gula. Daging kerbau 113 ton, minyak goreng 781 kilo liter, dan tepung terigu 615 ton," ujar Budi.

Selain itu Perum Bulog mengusulkan pengadaan CBP. Sebagai berikut. Pertama, penguasan pembelian gabah dan beras untuk menjaga kesejahteraan petani musim panen raya.

"Perlu ada penetapan penugasan bahwa Perum bulog membeli gabah dan beras petani dalam jumlah tertentu semisalnya 1 juta ton setara beras pada HPP yang memenuhi stok CBP," jelas Buwas, sapaan akrabnya.

Kedua, jaminan pelepasan stok yaitu atas penugasan pembelian gabah dan beras terdapat jaminan pelepasan stok beras yang berumur 4 bulan dan atau turun mutu atau berpotensi turun mutu sesaui implementasi Permentan 38 tahun 2018.

Dan terakhir, kompensasi dan margin yaitu berupa kebijakan kompensasi atau selisih harga dan margin kepada Perum Bulog yang ditagihkan kepada pemerintah melalui Kementerian Pertanian. (E-3)

Baca Juga

Dok. Istimewa

Gelombang 4 Kartu Prakerja, Latihan Barista & Usaha Kopi Diminati

👤Gana Buana 🕔Jumat 29 Mei 2020, 22:52 WIB
Direktur Kemitraan dan Komunikasi PMO Kartu Pra Kerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, dua materi tersebut merupakan suatu pelatihan yang...
Antara/Audy Alwi

Ini Penyesuaian Pemasaran Asuransi dari OJK di Masa Pandemi Covid

👤Hilda Julaikan 🕔Jumat 29 Mei 2020, 22:45 WIB
Menurut Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Riswinandi kebijakan itu dikeluarkan sebagai upaya OJK menjaga kinerja dan stabilitas industri...
Ilustrasi

Darurat Covid-19 Indonesia, Bank Dunia Siapkan Rp3,67 Triliun

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 29 Mei 2020, 21:50 WIB
Pendanaan ini akan mendukung Indonesia mengurangi risiko penyebaran, meningkatkan kemampuan mendeteksi, serta meningkatkan tanggapan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya