Kamis 09 April 2020, 11:21 WIB

​​​​​​​Jelang Pensiun, Ini Pesan KSAU ke Personel TNI AU

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
​​​​​​​Jelang Pensiun, Ini Pesan KSAU ke Personel TNI AU

MI/DEPI GUNAWAN
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Yuyu Sutisna (tengah)

 

KEPALA Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna segera masuk purnatugas sebagai prajurit aktif. Ia pun meminta seluruh personel TNI AU menjalankan tugas dengan profesional dan mengemban tugas dengan penuh tanggung jawab.

"Bagi saya pribadi, HUT ke-74 TNI AU terasa sangat istimewa. Inilah HUT TNI AU terakhir saya sebagai prajurit aktif. Untuk itu saya ingin menyampaikan beberapa pesan moral untuk generasi penerus TNI Angkatan Udara," katanya saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke 74 TNI AU di Auditorium Mabesau Cilangkap, Jakarta, Kamis (9/4).

Menurut dia, kepemimpinan, pengabdian keprajuritan, apa pun posisi dan jabatannya, akan datang dan pergi serta silih berganti. Namun harus diingat, bahwa pertanggungjawabannya akan kekal dan terus berlanjut hingga di alam keabadian nanti. TNI AU bukan milik kalian ataupun milik pribadi namun amanah dari tuhan, amanah dari rakyat Indonesia.

Baca juga: Raih WTP, TNI AU: Bukti Akuntabel dan Antikorupsi

Maka, siapa pun pemimpinnya harus mengemban amanah itu dengan baik, agar nantinya siap dengan penghakiman tuhan dan generasi penerus, saat TNI AU diminta kembali. 

"Para prajurit udara yang saya banggakan, Tanamkan keyakinan pada hati dan pikiran kalian, akan kebenaran falsafah Tri Sakti Viratama, yaitu tanggap, tanggon, dan trengginas, yang telah dikenalkan sejak awal kelahiran kalian sebagai insan Swa Bhuwana Paksa," paparnya.

Dia juga mengatakan pemimpin besar adalah mereka yang sejak dini menempa diri dan merintis jalan untuk mewujudkannya. Mereka tidak takut cuaca baik maupun buruk, karena sudah dibekali bagaimana mengambil keputusan terbaik untuk itu.

"Maka, jadilah prajurit berkarakter luhur yang dekat dengan Tuhan dan rakyat, memiliki ilmu yang bermanfaat bagi organisasi, serta terus menjaga kesamaptaan diri untuk menghadapi segala penugasan. Jika ini sudah kalian lakukan dan jaga, kalian akan tetap bersinar, saat sedang beruntung ataupun tidak," pungkasnya. (A-2)

Baca Juga

MI/ADAM DWI

KPK Resmi Tahan Nurhadi 20 Hari ke Depan

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:51 WIB
"Penahanan Rutan dilakukan kepada dua orang tersangka tersebut selama 20 hari pertama terhitung sejak tanggal 2 Juni 2020 sampai...
MI/MOHAMAD IRFAN

DPD Peringatkan Potensi Klaster Baru Covid-19 Akibat Pilkada

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:09 WIB
Sultan mengatakan, proses yang multitahap dan melibatkan banyak orang bukan tidak mungkin justru menghasilkan klaster baru...
Ilustrasi

Oknum Anggota DPRD Seruyan Tersangka Narkoba

👤Sri Utami 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:01 WIB
Oknum anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, M Erwin Toha alias Erwin ditangkap polisi diduga mengkonsumsi dan memiliki...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya