Kamis 09 April 2020, 11:18 WIB

Dukung Physical Distancing, Kemkominfo Luncurkan Program OA

mediaindonesia.com | Humaniora
Dukung Physical Distancing, Kemkominfo Luncurkan Program OA

DOK KEMENKOMINFO

 

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali memberikan beasiswa untuk mengikuti program Digital Talents Scholarship (DTS) 2020 untuk meningkatkan keterampilan di bidang teknologi informasi (TI).

"Beasiswa ini merupakan upaya Kemkominfo untuk mendukung arahan Presiden Joko Widodo mengenai physical distancing sekaligus untuk meningkatkan keterampilan di bidang TI yang bisa dilaksanakan dari rumah," tutur Kepala Badan Litbang SDM Kemkominfo Basuki Yusuf Iskandar di Jakarta, Kamis (2/4).

Pelaksanaan pelatihan dalam jaringan (daring) atau Online Academy, menurut Basuki, sesuai dengan arahan pemerintah untuk bekerja, belajar, dan berdoa di rumah. 

Baca Juga: Gandeng Polri, Kominfo akan Tindak Tegas Penyebar Hoaks Korona

"Peserta Online Academy akan belajar secara mandiri secara online dan peserta mengatur waktu belajar secara mandiri dan terjadwal sesuai waktu yang telah ditentukan. Berkisar 1 hari hingga 9 minggu sesuai dengan tema yang dipilih," tutur Basuki.

Oleh karena itu, Basuki mendorong masyarakat agar memanfaatkan peluang beasiswa DTS 2020 dengan baik. "Kemkominfo berharap masyarakat dapat memanfaatkan beasiswa ini. Juga mendorong masyarakat tetap produktif melalui beasiswa pelatihan dan sertifikasi yang dilaksanakan Kemkominfo," ungkapnya.

Basuki menjelaskan, beasiswa pelatihan itu terbuka untuk warga negara Indonesia dengan menunjukkan identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) saat pendaftaran.

Baca Juga: Gerakan Membatasi Aktivitas Diyakini Manjur Atasi Korona

"Pendaftaran dilakukan online melalui laman https://digitalent.kominfo.go.id. Persyaratan khusus bagi setiap tema akan berbeda. Peserta perlu teliti untuk memilih dan melengkapi persyaratan," tutur dia. 

Pemberian beasiswa pelatihan Online Academy, lanjut Basuki, juga terbuka bagi penyandang disabilitas. "Seluruh pelatihan terbuka untuk penyandang disabilitas. Dengan sarana prasarana disediakan oleh peserta secara mandiri," jelasnya.

Gandeng Globaltech Company
Basuki menambahkan, materi pelatihan dalam DTS 2020 disiapkan Kemkominfo bekerja sama dengan Global Technology Company, Asosiasi Digital Marketing, dan mitra-mitra lainnya

Adapun penyelenggaran akademi, lanjut dia, bekerja sama dengan beragam mitra penyelenggara seperti perguruan tinggi, Global Tech Company Cisco, Google, Red Hat Indonesia, Progate, AWS Educate, Facebook, IBM Indonesia, Oracle Academy, Asosiasi Digital Marketing Indonesia, dan mitra lainnya. 

Baca Juga: Physical Distancing bakal Dimonitor lewat Smartphone

Sehingga, dalam Online Academy terdapat juga beberapa akademi lainnya seperti Thematic Academy, Digital Entrepreneurship Academy, Fresh Graduate Academy, Vocational School Graduate Academy, Coding Teacher Academy, dan Regional Development Academy.

Untuk 2020, program DTS ditargetkan menjangkau 60 ribu orang peserta dari seluruh Indonesia. 

Pendampingan lulusan
Kemkominfo juga menyiapkan pendampingan lulusan pelatihan melalui aplikasi Simonas. Tujuannya agar dapat memfasilitasi bertemunya talenta digital dengan peluang kerja dan usaha di berbagai perusahaan teknologi atau peluang wirausaha lainnya.

Baca Juga

ANTARA/Asep Fathulrahman

PJJ Berlanjut, Pemerintah Diminta Permudah Akses Belajar Siswa

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 11:53 WIB
Ketika PJJ diperpanjang, harus disiapkan pula infrastruktur pendukung dan peningkatan kemampuan para guru dalam pelaksanaan...
Ist

Alumni Akabri 96 Beri 15 Ribu Paket Sembako untuk Korban Covid-19

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 11:19 WIB
Kegiatan baksos serentak dilakukan di beberapa wilayah, di antaranya Polda Metro Jaya dengan 4.000 paket sembako, Polda Sulut 500 paket,...
MI/Ramdani

Kemenkes Ingatkan Tata Cara Kerja saat Kenormalan Baru

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:15 WIB
Selama massa kenormalan baru, masyarakat tetap harus memastikan untuk tidak berkerumun dan menjaga jarak saat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya