Kamis 09 April 2020, 10:39 WIB

IOC Putuskan Tenggat Kualifikasi Olimpiade Jadi 29 Juni

Antara | Olahraga
IOC Putuskan Tenggat Kualifikasi Olimpiade Jadi 29 Juni

AFP/Behrouz MEHRI
Seorang warga mengenakan masker melintas di depan spanduk Olimpiade 2021.

KOMITE Olimpiade Internasional (IOC) menetapkan batas waktu periode kualifikasi Olimpiade Tokyo dijadwal ulang menjadi berakhir pada 29 Juni 2021, sehubungan banyaknya penundaan maupun pembatalan turnamen kualifikasi menuju pesta olahraga empat tahunan tersebut akibat pandemi covid-19.

Dilansir dari laman resmi IOC, Rabu (8/4), IOC telah mengeluarkan revisi terkait aturan sistem kualifikasi terbaru untuk Olimpiade Tokyo yang penyelenggaraannya diundur ke tahun depan.

"Mempertimbangkan penundaan Olimpiade 2020 Tokyo, periode kualifikasi diperpanjang hingga batas waktu yang telah ditentukan, yakni pada 29 Juni 2021," ungkap IOC dalam pernyataan resmi dikutip di Jakarta, Rabu (8/4).

"Ada pun batas waktu pendaftaran cabang olahraga beserta jumlah atlet (sport entries) berakhir pada 5 Juli 2021," imbuh IOC.  

Baca juga: Sejumlah Olimpian Terjun di Garis Depan Perang Melawan Covid-19

Meski begitu, IOC menyatakan penentuan jadwal turnamen kualifikasi tetap menjadi wewenang dari masing-masing federasi olahraga internasional (IF).

Masing-masing IF berhak menyesuaikan ataupun melakukan pergantian penyelenggaraan kejuaraan kualifikasi selama tidak melebihi batas waktu yang telah ditetapkan.

Dari total keseluruhan 11 ribu atlet, sekitar 57% di antaranya sudah dinyatakan lolos kualifikasi Olimpiade. Sementara kurang lebih 5.000 kuota tersisa akan dialokasikan melalui turnamen kualifikasi lanjutan yang digelar masing-masing IF.

Demi memenuhi kuota tersebut, federasi olahraga internasional diminta bisa merampungkan jadwal kualifikasi pada akhir bulan ini meski IOC paham betul rencana jadwal baru kualifikasi memungkinkan banyak mengalami perubahan akibat pandemi covid-19 yang belum mereda.

"Kami memahami bahwa saat ini tidak mungkin memasukkan perincian tanggal maupun lokasi secara lengkap mengingat adanya pandemi
covid-19 yang berdampak pada proses kualifikasi," tulis IOC.

IOC juga mengatakan pihaknya sangat menghargai perjuangan para atlet yang hampir memenuhi syarat lolos berdasarkan tenggat waktu tahun ini, sehingga mereka memastikan bahwa para atlet terbaiklah yang berhak tampil pada Olimpiade Tokyo yang digelar pada 23 Juli hingga 8 Agustus itu.

Terkait syarat usia, IOC menyerahkan keputusan tersebut kepada IF yang memungkinkan memberikan kelonggaran kepada atlet yang melebihi batas umur agar bisa tetap tampil saat Olimpiade digelar tahun 2021.

Lebih lanjut, para atlet maupun National Olympic Committees (NOC) setiap negara yang sudah dinyatakan lolos juga dipastikan bakal tetap mengamankan posisi berlaga di Tokyo nanti. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Kemenpora Susun Draft Protokol New Normal Covid-19

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Jumat 29 Mei 2020, 20:16 WIB
Kemeterian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tengah menyusun draft protokol untuk menggelar kegiatan latihan dan kompetisi/pertandingan...
Antara/Hendra Novriansyah

New Normal dalam Olahraga, KOI : Ikuti Petunjuk Teknis IOC

👤Deden Muhammad Rojani 🕔Jumat 29 Mei 2020, 19:00 WIB
"Kami mengambil referensi dari negara-negara yang masih menyelenggarakan olahraga. Kami mendapatkan referensi berupa petunjuk Teknis...
Adrian DENNIS / AFP

MotoGP Inggris dan Australia Resmi Dibatalkan

👤Antara 🕔Jumat 29 Mei 2020, 16:42 WIB
Hal ini akan menjadi kali pertama kalinya MotoGP tak menghelat balapan di kepulauan Britania itu dalam 70 tahun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya