Rabu 08 April 2020, 15:15 WIB

John Prine, Penulis-Penyanyi Lagu Folk Meninggal karena Covid-19

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
John Prine, Penulis-Penyanyi Lagu Folk Meninggal karena Covid-19

AFP/Angela Weiss
John Prine saat tampil pada event 2019 Songwriters Hall Of Fame Gala di The New York Marriott Marquis in New York City (13 Juni 2019)

 

New York Times memberitakan penyanyi sekaligus pencipta lagu yang meraih Grammy pada 1991 dan 2005, John Prine, meninggal pada Selasa (7/4) pada usia 73 tahun.

Prine muncul saat kebangkitan musik folk Chicago pada 1970-an. Album pertamanya diluncurkan pada 1971. Sejak itu, Prine diakui sebagai salah satu penulis lagu paling berpengaruh.

Menurut istri sekaligus manajer, Fiona Whelan Prine, Prine dirawat di rumah sakit Vanderbilt University Medical Center di Tennessee pada 26 Maret karena menderita gejala covid-19. The Times melaporkan kematian Prine disebabkan oleh komplikasi covid-19.

Putra dari pasangan William Prine dan Verna Hamm yang sama-sama berasal dari Kentucky, Prine diajari oleh kakak lelakinya David untuk bermain gitar pada usia 14 tahun. Lalu, dia ikut kelas musik di Old Town School of Folk Music.

Setelah lulus dari sekolah menengah di pinggiran Kota Maywood, Illinois, Prine bekerja sebagai pengantar pos selama lima tahun. Namun, pada malam harinya, dia tampil di klub-klub Chicago.

Prine pernah mengatakan bahwa beberapa lagu awalnya yang paling terkenal ditulis ketika dia sedang menyusuri jalan-jalan di Chicago ketika mengantar surat.

Baca juga: Madonna Sumbang US$1 Juta untuk Riset Vaksin Korona

"Saya mempersamakan rute surat seperti berada di perpustakaan tanpa buku. Anda punya waktu untuk diam dan berpikir. Nah, di situlah saya menghasilkan banyak lagu. Jika lagu itu bagus, saya bisa mengingatnya. Lalu nantinya saya tulis," kata Prine kepada Chicago Tribune tahun 2010.

Dia ikut wajib militer Angkatan Darat AS pada 1966 dan ditempatkan di Jerman sebagai mekanik selama Perang Vietnam. Setelah selesai wajib militer, dia mendedikasikan dirinya untuk musik dan menjadi anggota kebangkitan folk Chicago.

Beberapa lagu yang akan menjadi bahan pokok katalog Prine adalah "Angel from Montgomery", "Paradise", dan "Sam Stone". Lagu-lagu tersebut telah di-cover puluhan kali oleh sejumlah seniman. (France24/OL-14)

 

Baca Juga

AFP/ISAAC LAWRENCE

Tiongkok Resmikan Markas Badan Keamanan di Hong Kong

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Juli 2020, 09:00 WIB
Markas badan intelejen Tiongkok itu menghadap ke Victoria Park, lokasi yang kerap digunakan untuk aksi prodemokrasi selama...
AFP/DANIEL CASTELLANO

Presiden Brasil Positif Korona

👤Indrastuti 🕔Rabu 08 Juli 2020, 08:50 WIB
Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, mengumumkan secara langsung di televisi bahwa dia dinyatakan positif mengidap...
AFP/KEVIN DIETSCH

Trump Tegaskan tidak Sepakat dengan Fauci Soal Covid-19 di AS

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Juli 2020, 07:59 WIB
Trump menyebut Fauci mengatakan banyak hal termasuk sejumlah nasehat yang tidak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya