Rabu 08 April 2020, 14:33 WIB

Stok PMI Menipis, Kapolri Perintahkan Jajaran Donor Darah

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Humaniora
Stok PMI Menipis, Kapolri Perintahkan Jajaran Donor Darah

Antara/Budi Candra Setya
Petugas kepolisian di Banyuwangi, Jawa Timur, menunjukkan tulisan imbauan agar warga tetap di rumah selama pandemi covid-19.

 

UNTUK membantu Palang Merah Indonesia (PMI) yang mengalami penurunan stok darah, Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan Surat Telegram (TR) Kapolri tentang instruksi pengerahan personel Polri. Surat itu berbunyi pelaksanaan donor darah yang bekerja sama dengan PMI.

Idham memerintahkan seluruh jajarannya untuk melakukan donor darah. Pelaksanaan donor darah harus tetap memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi virus korona (covid-19), seperti tetap menjaga jarak.

Baca juga: 10.873 Kerumunan Dibubarkan Polisi Selama Pandemik Covid-19

"Benar, ada TR soal anggota Polri diminta melaksanakan donor darah ke PMI. Karena ada surat dari PMI minta bantuan pengerahan donor darah. Hal ini untuk membantu mengatasi kekurangan persediaan darah di PMI," ujar Idham, Rabu (8/4).

Surat telegram itu berbunyi instruksi Kapolri kepada kasatker/kasatwil untuk meminta personelnya mendonorkan darah. Tentunya berkoordinasi dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI di wilayah masing-masing.

Idham juga mengingatkan kegiatan donor darah harus dilakukan sesuai protokol kesehatan. Surat telegram tersebut ditandatangani oleh As SDM Kapolri, Irjen Eko Indra Heri, yang mewakili Kapolri. 

Baca juga: Jeritan Pengemudi Ojek Daring di Tengah Pandemi

"Kasatker dan Kasatwil agar melaporkan setiap kegiatan donor darah yang dilaksanakan kepada As SDM Kapolri," imbuh Idham.

Pandemi virus korona yang meluas di Indonesia berdampak pada stok darah PMI, yang semakin berkurang. Ditambah lagi, jumlah pendonor mandiri yang datang ke PMI juga berkurang sejak diberlakukannya physical distancing. Masyarakat yang biasa rutin mendonork pun khawatir keluar rumah di tengah pandemi.(OL-11) 


Baca Juga

Antara

Tidak Ada Kasus Baru di 7 Provinsi

👤Ifa/Pra/X-10 🕔Kamis 28 Mei 2020, 06:35 WIB
Hingga kemarin, sebanyak 6.057 pasien covid-19 dinyatakan sembuh. Angka itu meningkat sebanyak 180 orang dari hari...
. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Pemerintah Akan Awasi Suhu Tubuh Masyarakat di Tempat Umum

👤Kautsar Bobi 🕔Kamis 28 Mei 2020, 05:38 WIB
Juru bicara pemerintah pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan petugas akan memantau suhu tubuh...
Dok. PRIBADI

Mengangkat Derajat Barang Bekas

👤Bagus Pradana 🕔Kamis 28 Mei 2020, 05:15 WIB
Berawal dari kegeramannya melihat penggunaan kantong plastik sekali pakai yang sulit diurai, perempuan ini menciptakan jaring katun yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya