Rabu 08 April 2020, 14:29 WIB

Nisfu Syakban, MUI Depok: Dari Rumah Masing-Masing saja

Kisar Rajaguguk | Megapolitan
Nisfu Syakban, MUI Depok: Dari Rumah Masing-Masing saja

Antara
Salat sunat tasbih malam Nisfu Syakban, pada 2019.

 

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, Jawa Barat, mendukung seruan Pemerintah Kota Depok agar warga melaksamakan kegiatan keagamaan di rumah untuk mencegah pandemi virus korona (covid-19).

Ketua MUI Kota Depok KH Ahmad Dimyati Badruzzaman di Depok, Rabu (8/4), mengatakan salah satu kegiatan keagamaan dalam waktu dekat ialah Nisfu Syakban.

"Kalau pemerintah melihat saat ini sedang wabah korona, kalau berkerumun akan berbahaya. Tentu masyarakat juga harus paham dan mengadakan di rumah saja," kata Dimyati.

Baca juga: Pemudik Tradisi Syakban di Madura Dipantau Ketat

Menurut dia, tindakan itu untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona. "Salat Jumat yang wajib saja bisa di rumah. Kalau Nisfu Syakban kan tidak wajib hukumnya, bisa di rumah masing-masing sambil berdoa kepada Allah biar virus korona ini segera sirna. Mudah-mudahan pada paham semua," ungkapnya.

Baca juga: 120 Karyawan Ramayana Depok Di-PHK, 180 Dirumahkan

Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad turut mengimbau warga agar tetap menjalani Nisfu Syakban dari rumah masing-masing.

Imbauan tersebut merupakan tindak lanjut dari Kementerian Agama (Kemenag) RI yang sudah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di tengah pandemi covid-19.

Baca juga: Imbas Covid-19, Penumpang LRT Turun dari 4.000 jadi 300

"Bagi umat Islam yang akan menghadapi Nisfu Syakban, kami menyampaikan seruan untuk melaksanakan di rumah masing-masing dan tidak melaksanakan secara bersama-sama di masjid atau tempat-tempat lain," pungkas Idris. (X-15)

 

 

Baca Juga

Antara/Muhammad Adimaja

Dalam Dua Pekan Hampir 3.000 SIKM Diterbikan Pemprov DKI Jakarta

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 02 Juni 2020, 23:56 WIB
Sementara permohonan yang ditolak mencapai 36.857 permohonan SIKM dan menunggu validasi penjamin ada 1.680 permohonan dan 19.577 permohonan...
AntaraDhemas Reviyanto

Tak Terapkan Protokol Kesehatan, Perusahaan Didenda Rp20 Juta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 02 Juni 2020, 23:29 WIB
Penemuan ini berdasarkan sidak yang dilakukan pada hari ini. Atas pelanggaran itu, Disnaker memberikan sanksi denda kepada perusahaan...
MI/Susanto

Polisi: Dwi Sasono tidak Terindikasi Jaringan Pengedar Narkoba

👤Antara 🕔Selasa 02 Juni 2020, 22:56 WIB
PENYIDIK Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan tidak menemukan adanya indikasi aktor Dwi Sasono alias DS terlibat dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya