Rabu 08 April 2020, 10:02 WIB

Rumah Sakit Terbesar di Barcelona Fokus Tangani Pasien Covid-19

Basuki Eka Purnama | Internasional
Rumah Sakit Terbesar di Barcelona Fokus Tangani Pasien Covid-19

AFP/PAU BARRENA
Pekerja medis mengenakan pakaian pelindung menangani pasien covid-19 di ruang ICU Rumah Sakit Vall d'Hebron, Barcelona, Spanyol.

 

DI waktu normal, Rumah Sakit Vall d'Hebron bisa menangani 50 jenis penyakit yang berbeda. Namun, kini, rumah sakit terbesar di Barcelona itu mengalokasikan 90% sumber daya mereka untuk memerangi covid-19 yang telah menewaskan hampir 14 ribu orang di Spanyol.

Dengan 56 tempat tidur di ruang perawatan intensif yang canggih ternyata tidak menampung pasien virus korona, tempat tidur dan ventilator kemudian dipindahkan ke lokasi yang tidak biasa, termasuk ke ruangan seminar.

"Kami menjalani dua hari berturut-turut dimana pasien yang masuk adalah 24 pasien per hari. Setiap jam, kami mengintubasi pasien, menghubungkannya dengan ventilator, dan memasukkan mereka ke ICU," ujar kepala operasi rumah sakit Ricard Ferrer.

Baca juga: Rusia Siap Mulai Uji Vaksin Covid-19 ke Manusia pada Juni

"Kami masih akan menghadapi satu atau dua pekan yang kritis lagi. Pertarungan di ICU akan panjang," imbuh Ferrer sembari melihat layar yang menampilkan data klinis pasien ICU.

Pasien yang masuk ke ICU di Rumah Sakit Vall d'Hebron terdiri dari berbagai usia yang mengalami kesulitan bernafas akibat virus ganas itu.

"Terkadang hanya memakan waktu beberapa jam sejak mereka tiba di rumah sakit sebelum kami memasukkan mereka ke ruang ICU," aku Ferrer. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Ada Kerusuhan di Minneapolis, Kondisi WNI Dipastikan Aman

👤Astri Novaria 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 13:43 WIB
Kerusuhan terjadi mulai Selasa (26/5) malam hingga setidaknya Kamis (28/5) dini hari, diwarnai dengan perusakan dan pembakaran gedung,...
AFP/VALERIE MACON

Restoran dan Salon di Los Angeles Diizinkan Dibuka Lagi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 13:30 WIB
Restoran di Los Angeles diizinkan menerima makan di tempat dengan kapasitas sebesar 60% dari kapasitas...
AFP/Alberto PIZZOLI

Kematian Akibat Covid-19 di Italia Meningkat Lagi

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 11:15 WIB
Total korban tewas sejak wabah tersebut terungkap pada 21 Februari adalah 33.229, yang merupakan tertinggi ketiga di dunia setelah Amerika...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya