Selasa 07 April 2020, 20:00 WIB

Terhentinya Kompetisi akan Ganggu Mental Pemain

Widhoroso | Sepak Bola
Terhentinya Kompetisi akan Ganggu Mental Pemain

AFP/Miguel Medina
Terhentinya kompetisi akibat wabah korona membuat pemain seperti sedang menjadi pemain cadangan dalam sebuah laga.

 

DAMPAK terhentinya kompetisi sepak bola akibat pandemi Covid-19 terhadap para pemain akan lebih besar di sisi mental ketimbang fisik. Ketidakpastian kapan kompetisi bisa kembali bergulir membuat pemain akan sulit fokus dalam mempersiapkan diri untukl kembali tampil di lapangan.
        
“Dampak terhentinya kompetisi terhadap mental pemain akan lebih berbahaya. Dibanding atlet dari olahraga lain, pesepakbola lebih susah beradaptasi dengan kondisi yang ada," ujar Bill Beswick, psikolog tim Manchester United pada 1999-2001.

Menurut Beswick, dibanding atlet cabang lain, pemain sepak bola sulit untyukl berlatih mandiri, seperti yang dilakukan saat ini. Pesepakbola memang lebih banyak berlatih secara tim di bawah pegawasan langsung pelatih.

“Saat ini para pemain didorong untuk mengatur diri sendiri. Namun itu akan sulit karena mereka secara tradisional telah dibuatkan program latihan secara eksklusif dan tinggal menjalaninya,” ujar Beswick.

Menurut Beswick, di tengah ketidakpastian kapan kompetisi akan kembali bergulir, para pemain seperti sedang berada di bangku cadangan selama pertandingan berlangsung. Walau tidak tahu kapan akan dimainkan pelatih, pemain tetap harus siap.

"Dalam kondisi seperti sekarang, pemain aharuis menempatkan dirinya seperti ketika menjadi pemain cadangan. Mereka harus siap jika diperintahkan untuk bermain," jelasnya.   

Ia mencontohkan mental pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. Saat masih menjadi pemain Setan Merah, pelatih asal Norwegia itu, selalu siap dimainkan kapanpun oleh pelatih.  

"Solskjaer, terkenal karena siap untuk tampil kapanpun pelatih menginginkannya. Ia siap dimainkan dimainkan pada menit ke-87 setelah selama 86 menit duduk di bangku cadangan," imbuhnya. (goal.com/R-1)

Baca Juga

Instagram @sandisamosir

Sandi Arta Jaga Asupan Makanan Selama Lebaran

👤Antara 🕔Senin 25 Mei 2020, 09:30 WIB
Shin Tae-Yong, yang berasal dari Korea Selatan, dikenal sangat disiplin soal makanan. Karena, bagi dia, performa seorang pesepak bola...
AFP/JAIME REINA

Empat Pemain Sevilla Langgar Larangan Pertemuan Sosial

👤Antara 🕔Senin 25 Mei 2020, 08:45 WIB
Trio Argentina Ever Banega, Lucas Ocampos, dan Franco Vazquez serta striker Belanda Luuk de Jong dikabarkan berada di sebuah pesta bersama...
ANTARA/Risky Andrianto

Ismed Sofyan Bersyukur Bisa Berlebaran dengan Normal

👤Antara 🕔Senin 25 Mei 2020, 08:15 WIB
"Di tempat saya, kampung Tualang Cut, semua aktivitas nomal termasuk ibadah. Pastilah senang bisa berpuasa dan berlebaran di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya