Selasa 07 April 2020, 18:05 WIB

Organda DKI Minta Ada Insentif Bagi Angkutan Umum Selama PSBB

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Organda DKI Minta Ada Insentif Bagi Angkutan Umum Selama PSBB

MI/Andry Widyanto
Suasana sepi di Terminal Kampung Melayu saat pandemi virus korona

 

PANDEMI virus korona covid-19 ikut berdampak pada operasional angkutan umum di DKI Jakarta, Organisasi zangkitan Darat (Organda) DKI Jakarta mencatat hanya sekitar 10 persen angkutan umum beroperasi selama pandemi virus korona.

Ketua Organda DKI Jakarta Shafruhan pun berharap ada insentif bagi operator angkutan umum selama ditetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibu Kota agar industri transportasi tidak kolaps

Shafruhan mencontohkan, insentif bisa berupa memberikan pembebasan pajak kendaraan bermotor untuk angkutan umum selama setahun. Lalu retribusi berkaitan dengan perizinan digratiskan.

"Itu kan penting, agar saat pandemi ini selesai pengusaha secara pelan-pelan bangkit, tidak bangkrut. Dari sisi awak kendaraan, itu juga harus dilakukan (pemberian insentif), karena ini kan berbicara urusan perut, itu sensitif sekali bisa bertindak kriminal" tutur Shafruhan saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (7/4).

Ia juga menyampaikan jangan sampai menimbulkan kericuhan karena tidak adanya aturan yang tegas. Shafruhan mencontohkan di London, Inggris, yang sudah ada kejadian penjarahan.

Baca juga : PSBB Berlaku di Jakarta, Tujuh Jenis Kegiatan ini Dilarang

"Padahal dia negara maju, karena masalah perut. Hal itu juga bisa terjadi pada kita jika pemerintah tidak sigap dan tegas dalam mengatasi situasi ini," tukas Shafruhan.

Bicara soal penetapan PSBB di Jakarta, Organda DKI bakal mematuhi aturan yang bakal dikeluarkan pemprov.

Sedari awal, Shafruhan meminta pemerintah tegas dalam membuat suatu keputusan. Menurutnya, dengan adanya kebijakan work from home sudah mengurangi mobilitas transportasi angkutan umum.

"Kami ya sangat mendukung kebijakan yang diambil oleh DKI (soal PSBB). Jangan membuat suatu keputusan yang mengambang. Semua industri angkutan umum mendukung langkah pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 dari semua lini," pungkas Shafruhan. (OL-7)

Baca Juga

MI/PIUS ERLANGGA

Tiga Matra TNI Diterjunkan Kawal Fase New Normal

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 13:45 WIB
TNI tidak akan menggunakan cara-cara kekerasan. TNI bakal mengedepankan upaya persuasif dan edukatif dalam kegiatan...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Warga tidak Perlu Lampirkan Hasil Tes PCR untuk Urus SIKM

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 12:28 WIB
Dalam surat pernyataan sehat tersebut, warga harus mengisi data diri dan menjawab delapan pertanyaan seputar covid-19. Surat pernyataan itu...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Pengguna Transportasi Umum Saat New Normal Harus Diperhatikan

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 11:00 WIB
Masyarakat harus lebih berhati-hati terutama saat menggunakan transportasi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya