Selasa 07 April 2020, 17:40 WIB

Presiden Portugal Serukan Persatuan Nasional Lawan Covid-19

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Presiden Portugal Serukan Persatuan Nasional Lawan Covid-19

AFP/INDRANIL MUKHERJEE
Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa sedang berpidato di forum bisnis di Mumbai pada 15 Februari 2020

 

Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa, Senin (6/4) menyerukan persatuan nasional untuk mengatasi krisis kesehatan masyarakat yang disebabkan oleh pandemi covid-19. Ia menggambarkannya sebagai tantangan terbesar dalam 100 tahun terakhir.

Rebelo de Sousa, yang menghadiri program debat di televisi nasional RTP melalui konferensi video, mengatakan krisis yang disebabkan oleh pandemi covid-19 adalah tantangan terbesar dalam bidang kehidupan dan kesehatan.

"Kita telah memiliki banyak tantangan sosial, ekonomi, dan keuangan, banyak krisis, tetapi ini adalah tantangan terbesar di bidang kehidupan dan kesehatan dalam 100 tahun terakhir, dalam ukuran dan lamanya," kata Presiden.

Dia mengatakan persatuan nasional diperlukan untuk memerangi pandemi covid-19.

Baca juga: Ronaldo dan Agennya Sumbang Rp17 Miliar bagi Pasien Covid-19

Presiden menyatakan keadaan darurat pada 18 Maret dan diperpanjang Kamis lalu sampai 17 April. Namun, ia telah mengindikasikan negara itu mungkin memerlukan empat fase keadaan darurat untuk mengendalikan pandemi dan memulihkan keadaan normal.Direktorat Jenderal Kesehatan (DGS) mengumumkan, Senin, covid-19 telah menewaskan 311 orang dan menginfeksi 11.730 orang di Portugal sejauh ini.

Perdana Menteri Antonio Costa mengatakan April akan menjadi periode paling kritis terkait pandemi. Sementara otoritas kesehatan memperkirakan puncak covid-19 akan terjadi pada akhir Mei.

Namun, tingkat pertumbuhan kasus baru yang dikonfirmasi dalam seminggu terakhir menurun. Menurut para ahli dan profesional kesehatan, ini menunjukkan langkah-langkah pembendungan berjalan efektif. (Xinhua/OL-14)

Baca Juga

AFP/MANAN VATSYAYANA

Media Jerman Jelaskan Keberhasilan Vietnam Perangi Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:16 WIB
Portal Marzahn-hellersdorf di Jerman telah menerbitkan artikel yang menjelaskan faktor-faktor yang berkontribusi pada keberhasilan Vietnam...
AFP/Tarso Sarraf

Sistem Kesehatan Amerika Latin Berisiko Gagal Tangani Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:52 WIB
WHO memperingatkan sistem kesehatan di seluruh Amerika Latin, lantaran kasus kematian akibat covid-19 sudah mencapai 50.000...
AFP/Dave Chan

Kanada Tolak Undang Rusia dalam KTT G7

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:15 WIB
Rusia dikeluarkan dari G7 setelah menginvasi Crimea beberapa tahun yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya