Selasa 07 April 2020, 17:22 WIB

Korpri Harapkan Pensiunan ASN Tetap Peroleh THR

Emir Chairullah | Ekonomi
Korpri Harapkan Pensiunan ASN Tetap Peroleh THR

Ilustasi
Ilustrasi THR

 

KORPS Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Nasional mengusulkan agar pemerintah tetap memberikan tunjangan hari raya kepada pensiunan, guru, serta pegawai golongan 1 dan golongan 2, dalam pembayaran tunjangan hari raya (THR) bagi pegawai negeri sipil (PNS).

Hal itu berkaitan dengan rencana pemerintah yang mengkaji ulang pembayaran THR dan gaji-13 bagi PNS.

“Saya rasa mereka perlu sekali THR," ujar Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Zudan Arif Fakrulloh, dalam pernyataannya, Selasa.

Zudan menyebutkan, walaupun pihaknya sepakat dengan wacana yang digulirkan pemerintah, ada beberapa elemen ASN dan mantan ASN yang membutuhkan THR.

Contohnya yaitu pensiunan, guru, dan PNS golongan 1 dan 2. “Sementara, untuk para pejabat, misalnya dari eselon I dan eselon 2, menurut dia kehidupannya sudah mencukupi,” ujarnya.

Baca juga : THR untuk ASN Aman, Yang belum Aman untuk Pejabat dan DPR

Menurut Zudan, Korpri memahami kondisi keuangan negara yang saat ini memang cukup berat akibat imbas dari pandemi covid-19. Sementara ASN termasuk ke dalam profesi yang aman ketimbang sektor lain, seperti sektor informal yang saat ini sangat terhantam dampak pandemi korona.

“Karena itu, para aparatur sipil negara (ASN) bisa melakukan aksi solidaritas Nasional. Salah satunya berkenaan dengan tunjangan hari raya mereka,” ujarnya.

Zudan mengatakan saat ini THR untuk para pensiunan, ASN, TNI dan Polri bisa mencapai Rp35 triliun. Sehingga apabila sebagian dana THR tersebut bisa ditunda pembayarannya, negara bisa mengalokasikannya untuk kebutuhan yang lebih mendesak.

"Mengenai THR, dalam kondisi luar biasa ini, kita dituntut untuk berpikir dan bertindak luar biasa, termasuk ASN. Kalau bisa mari seluruh ASN sumbangkan kepada negara THR-nya untuk negara, agar negara bisa leluasa menggunakannya untuk keperluan lain," ujar Zudan.

Sebelumnya Korpri juga sempat mengimbau pegawai negeri agar menyisihkan gajinya untuk membantu sesama di masa wabah ini. Dirjen Dukcapil Kemendagri ini juga mengajak seluruh ASN untuk menyumbangkan sebagian penghasilan mulai dari sekarang sampai dengan berakhirnya pandemik covid-19 ini.

"Bila 4,2 juta ASN menyumbangkan masing-masing Rp50 ribu/bulan, maka akan terkumpul Rp210 miliar/bulan," ujarnya. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Wakili Sinarmas, Hotman Paris Somasi Agen Penjual Reksa Dana

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 27 Mei 2020, 23:40 WIB
Bibit merupakan salah satu agen penjual efek reksa dana produk kelolaan Sinarmas Asset...
Antara

The Jakarta Post Lakukan Pembenahan untuk Memasuki Era Digital

👤Antara 🕔Rabu 27 Mei 2020, 22:21 WIB
The Jakarta Post harus menekan biaya operasional dengan mengurangi biaya perekrutan (hiring) tenaga kerja kontrak serta kerja sama dengan...
Antara/Noveradika

Retail dan Logistik Punya Potensi Tumbuh di Tengah Pandemi Korona

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 27 Mei 2020, 20:58 WIB
"Kita lihat misalnya retail dan logistik relatif oke ya. Kebutuhan mereka untuk operasional tambahan dan investasi itu cukup kuat,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya